Ini 7 Tips Untuk Persiapan Tes CPNS

JogjaUpdate.com (7/9/17), Berkeinginan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)? Pastikan dirimu sudah mempersiapkan diri dengan baik, karena bakal panjang proses seleksinya. Setelah melakukan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), kamu harus siap untuk mengikuti tes.

Persiapan tes CPNS memang susah-susah gampang, apalagi akan banyak tahapannya. Seperti pada proses seleksi CPNS 2017 ada beberapa tes dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) yang harus diikuti pelamar. Tes tersebut antara lain Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Agar bisa mengikuti dengan baik bahkan bisa sampai lolos, berikut ini ada 7 tips persiapan tes CPNS dari recruiter.com:

1. Pastikan Sudah Melengkapi Semua Persaratan Saat Mendaftar

Tidak hanya mempersiapkan diri untuk mengikuti tes, persyaratan dan berkas administrasi juga harus terpenuhi. Coba cek lagi daftar persyaratan saat mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi CPNS. Pastikan semua persyaratan yang diminta telah terpenuhi supaya lolos seleksi administrasi.

2. Pelajari Kisi-kisi Tes

Sebelum tes seleksi dimulai, biasanya pihak kementerian akan memberikan kisi-kisi mengenai seleksi serta materi apa saja yang akan keluar dalam tes. Pastikan lebih dahulu membaca kisi-kisi tersebut dengan baik, pelajari agar lebih mudah mempersiapkan diri sebelum tes.

3. Latihan Mengerjakan Soal

Ada beberapa buku berisikan soal-soal tes CPNS yang banyak dijual pedagang ataupun toko buku. Ada pula tersedia secara online di internet yang bisa diguanakan untuk menguji diri sebelum mengikuti tes CPNS. Kamu sebaiknya mengerjakan soal ini sembari meningkatkan kemampuan diri.

4. Hitung Waktu Dalam Mengerjakan Soal

Seperti diketahui, untuk mengerjakan soal dalam tes CPNS diberikan waktu yang sangat terbatas. Saat berlatih mengerjakan soal, cobalah menghitung waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikannya. Hal ini akan membuat kamu benar-benar memaksimalkan waktu tes yang disediakan dengan bijak.

5. Pelajari Posisi Yang Diinginkan

Jangan lupa untuk mempelajari seluk beluk posisi yang diinginkan terlebih dahulu. Lakukan riset sebanyak yang kamu butuhkan untuk meruntuhkan rasa panik yang kemungkinan besar datang. Hal ini ampuh untuk menghadapi kemungkinan buruk yang mungkin timbul saat sedang menjalani tes nantinya.

6. Persiapkan Tubuh Dan Mental

Jantung berdebar kencang, pikiran tidak tenak, khawatir, merupakan hal yang biasa dialami orang saat menghadapi tes masuk kerja. Meski hal lumrah, namun sering menggangu sehingga tidak bisa mengisi tes dengan baik. Untuk menghindarinya, pastikan tubuh dan mental benar-benar siap. Olahraga dan tidur yang cukup akan membuat tubuh lebih siap menghadapi tes.

7. Jangan Berbohong Saat Tes Kepribadian

Dalam seleksi CPNS, pelamar akan mengikuti Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Karena sifatnya merupakan tes kepribadian, maka pastikan jawab dengan benar dan jujur. Hindari untuk mengisi jawaban yang mengada-ada hanya karena ingin diterima. Berusahalah dengan jujur untuk menjawabnya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like