1000 Penari Siap Pecahkan Rekor di Malioboro Menari

JogjaUpdate.com ~ Sebanyak 1.000 penari dari berbagai komunitas siap memenuhi sepanjang jalan Malioboro. Mereka akan tampil di acara Malioboro Menari 2023 dalam Ragam Indonesia Mendukung Jogja Menuju Warisan Dunia.

1000 penari bakal menyemarakkan acara ‘Sibakul Jogja Malioboro Menari’ pada 2 September 2023 mendatang. Mereka akan menari bersama sebagai bentuk usaha pelestarian budaya serta memecahkan Rekor MURI line dance dengan menggunakan pakaian tradisional terbanyak.

“Pakaian tradisional yang akan digunakan dapat berasal dari peserta masing-masing daerah atau pakaian tradisional nusantara sebagai perlambang bahwa Jogja adalah miniatur Indonesia,” kata Ketua Tim Pelaksana Teknis Malioboro Menari 2023, Hairullah Gazali kepada pers di Dinas Koperasi dan UKM DIY, Jumat, 11 Agustus 2023.

Baca juga:
Belalang Goreng Gunungkidul Tetap Laris Diburu Wisatawan
Lima Tempat Berburu Oleh-Oleh Khas Jogja
7 Wisata Malam Di Jogja Yang Selalu Ramai
Liburan Ke Jogja? Ini 7 Kuliner yang Harus Dicoba Selain Gudeg

“Jalan Malioboro akan ditutup sementara mulai pukul 14.00 sampai acara selesai. Para penari akan memecahkan rekor Muri untuk peserta line dance dengan syal terbanyak,” kata Gazali

Sementara itu Kepada Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi menambahkan semua penari mengenakan busana tradisional Indonesia. Mereka tak hanya berbusana Jawa atau Yogyakarta tapi juga berbagai daerah. “Peserta juga boleh mengenakan pakain dari daerah asal masing-masing. Ini menggambarkan kebhinnekaan, Yogyakarta merupakan Indonesia mini,” kata Nurkyatsiwi.

“Salah satu komunitas yang dipilih dan memiliki massa yang kuat adalah The Universal Line Dance Indonesia (ULD) yang berdiri sejak 2008,” sebutnya.

Srie Nurkyatsiwi berharap acara yang didukung melalui Danais DIY ini dapat dinikmati semua kalangan yang berkunjung di area Malioboro.

Nurkyatsiwi juga mengungkapkan kegiatan itu masih satu rangkaian memperingati HUT ke 78 Kemerdekaan Indonesia. Selain itu, mendekatkan aplikasi Sibakul kepada masyarakat terutama mereka yang bergerak di UMKM.

Baca juga:
Pernah Dikira Shanghai, Inilah Kampung Pecinan Ketandan
Kuliner Pasar Beringharjo, Boleh Lho Mampir Kalo Lagi Belanja
7 Soto Di Jogja Yang Lagi Hits (Part 2)
Sejarah Angkringan Jogja Atau Warung Sego Kucin
g

“Sibakul mempermudah UMKM mengembangkan diri karena terdapat berbagai fitur yang bisa membantu mereka. Bahkan mereka bisa memanfaatkan salah satunya, ongkos kirim gratis kepada konsumen,” pungkasnya.

Srie menambahkan, acara ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai acara hiburan lainnya seperti pementasan musik dan pembagian e-voucher gratis bagi 1000 orang pertama yang hadir dan dapat ditukarkan secara langsung di outlet-outlet UKM di Teras Malioboro 1.

Harapannya, Sibakul Jogja Line Dance Malioboro Menari ini sebagai sarana olahraga budaya dan wisata. Sehingga membawa daya tarik tersendiri dan mendorong perkembangan UKM, termasuk memperluas akses pasar produk UKM fashion, craft, makan dan minuman di DI Yogyakarta dan nasional.
(130823/23)

dhwSeng on InstagramdhwSeng on Tumblr
dhwSeng
Adminnya JogjaUpdate

dhwSeng

Adminnya JogjaUpdate