Kulkas Bau? Atasi Dengan Cara Ini

JogjaUpdate.com (22/11/17), Kulkas adalah salah peralatan elektronik yang cukup penting di rumah untuk menyimpan makanan. Dengan suhu rendah, kulkas dapat mematikan bakteri pada makanan sementara hingga dapat memperpanjang umur makanan. Namun ada satu masalah yang terjadi, yaitu kulkas bau tidak sedap.

Ada beberapa makanan atau minuman yang memiliki aroma, dan jika bercampur akan menimbulkan bau tidak sedap. Atau kotoran dari sisa makanan maupun rembesan air juga dapat membuat kulkas bau. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah bau pada kulkas? Cara paling mudahnya adalah dengan rutin membersihkannya.

Dalam membersihkan kulkas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti berikut ini:

1. Tempat penyimpanan es

Salah satu sumber masalah kulkas bau adalah tempat membuat dan menyimpan es batu. Bagian ini harus selalu diperhatikan kebersihannya. Ketika membersihkan, kosongkan dahulu tempat es batu, karena pada dasarnya es batu mampu menyerap bau. Kemudian bisa dicuci dengan air hangat dan sabun.

2. Pintu, rak, dan dinding kulkas

Tidak sedikit ditemukan kulkas yang berantakan dan kotor dengan berbagai rontokan makanan yang terjatuh. Terutama pada bagian pintu, rak, dan dinding kulkas. Untuk membersihkannya, singkirkan dahulu sisa-sisa dan rontokan makanan. Kemudian lap bersih dengan dua sendok baking soda yang dicampur ke satu liter air.

3. Bagian bawah

Jika telah memberihsak seluruh bagian kulkas, jangan lupa untuk tetap membersihkan bagian luar. Seperti bagian bawah, ventilasi, dan kumparan kulkas. Terutama bagian bawah kulkas harus dibersihkan, kadang ditemukan rontokan makanan yang jatuh ke sana. Jangan lupa bersihkan juga kumparan dan ventilasi belakang kulkas.

3. Dinding luar

Membersihkan kulkas haruslah menyeluruh, termasuk bagian dinding luar kulkas. Tidak jarang ditemukan bercak-bercak noda atau bekas telapak tangan yang menempel di dinding luar kulkas. Bersihkan dengan kain basah yang telah diberikan sabun, namun jika berbahan stainless steel sebaiknya gunakan sabun dan alat khusus.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like