Bahaya Angkat Telepon Dari Nomor Tidak Dikenal

JogjaUpdate.com (30/12/17), Pernahkan kamu mendapatkan panggilan telepon dari nomor tidak dikenal? Langsung kamu angkat, atau kamu berpikir-pikir dahulu? Mengangkat telepon dari nomor tidak dikenal memang berisiko. Karena banyak yang memanfaatkan fungsi panggilan telepon untuk hal buruk.

Karena itulah lebih baik berhati-hati jika mendapatkan panggilan telepon dari nomor tidak dikenal. Berikut ini hal berbahaya yang bisa terjadi jika kamu mengangkat telepon sembarangan dari nomor tidak dikenal:

1. Rawan penipuan 

Dulu sempat ramai penipuan melalui layanan SMS seperti “Mama minta pulsa”, lalu berkembang ke “bayar kontrakan” dan “minta transfer ke rekening”. Namun tidak hanya melalui SMS, banyak oknum tidak bertanggung jawab yang juga memanfaatkan panggilan telepon untuk melakukan penipuan.

Ada yang menggunakan modus menang hadiah, anak atau kerabat mengalami masalah, ditangkap polisi, hingga sok akrab pura-pura menjadi teman. Tujuannya jelas, untuk memancing korban masuk ke dalam jebakan mereka.

2. Pencurian informasi

Selain penipuan, ada pula yang menyalahgunakan panggilan telepon untuk mencuri informasi penting. Beberapa kasus mengaku sebagai staf atau petugas dari layanan penyedia kartu kredit. Mereka biasanya meminta nomor kartu kredit dan juga angka CVC dari kartu tersebut. Yang nantinya akan disalah gunakan.

Ada pula modus menanyakan informasi orang terdekat mengenai data-data pribadi, dari nama tempat tanggal lahir, hingga nama ibu kandung. Tujuannya jelas, mereka mencuri informasi seputar kamu untuk disalah gunakan, atau untuk melakukan aksi penipuan lain.

3. Nomormu disimpan

Ada banyak pelaku yang melakukan panggilan telepon secara acak, tujuannya untuk mendapatkan nomor telepon yang aktif. Sekalinya kamu mengangkatnya, nomor kamu akan disimpan dalam data mereka. Kedepannya akan di hubungi kembali untuk melakukan modus-modus penipuan.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like