Tips Mengatasi Mata Lelah Karena Terlalu Lama Di Depan Komputer

JogjaUpdate.com (28/5/17), Sehari-hari bekerja di depan layar komputer? Pasti lama-lama sering merasakan kelelahan pada mata. Karena memang bekerja terlalu lama di depan komputer akan membuat mata lelah. Gangguan mata karena layar komputer ini sering disebut Computer Vision Syndrome (CVS).

Hal ini banyak dikeluhkan oleh para pekerja kantoran, yang setiap harinya bekerja di depan layar komputer. Menurut sebuah studi, 50 sampai 90 persen pegawai kantoran biasanya mengalami ketegangan mata dan gejala gangguan pengelihatan lainnya. Yang pastinya akan menggangu kinerja dalam bekerja.

Efek lain dari kelelahan mata dapat mengakitbatkan kepala pusing, penurunan produktivitas serti peningkatan kesalahan dalam bekerja. Bisa juga berupa mata sering berkedut, merah dan kering. Berikut ini beberapa langkah mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi resiko ketegangan mata akibat terlalu lama memakai komputer.

1. Pencahayaan yang tepat

Ketegangan mata sering disebabkan oleh cahaya terang berlebihan, bisa dari sinar matahari dari luar atau pencahayaan ruang yang terlalu kuat. Jika menggunakan komputer, pencahayaan kamu sebaiknya harus disekitar setengah terangnya sumber cahaya dalam ruangan. Jika bisa posisikan monitor komputer disamping sumber cahaya, bukan di depan atau di belakangnya.

2. Upgrade Monitor

Mungkin kamu masih menggunakan layar monitor tabung (CRT) kuno. Sebaiknya kamu mengupgradenya ke LCD, dan kalau bisa yang memiliki permukaan anti-reflektif. Karena monitor tabung dapat menyebabkan flicker gambar yang menjadi penyebab utama ketegangan mata. Cobalah pilih layar LCD yang cukup nyaman secara ukuran maupun gambar yang ditampilkannya.

3. Sesuaikan Pengaturan Layar

Kamu bisa mengatur layar atau monitor komputermu untuk mengurangi ketegangan dan kelelahan mata. Seperti kecerahan, sesuaikan mendekati kecerahan ruangan tempat kamu bekerja. Kamu bisa mencobanya dengan membuka gambar warna putih, jika nampak seperti sumber cahaya maka itu terlalu terang. Jika nampak abu-abu itu berarti terlalu gelap.

Kamu juga bisa mengatur ukutan teks dan kontras, sesuaikan untuk kenyamanan. Terutama jika banyak membaca atau menulis dokumen. Atur juga temperatur warna, bisa membuatnya lebih hangat. Perlu diketahui, warna memiliki panjang gelombang yang berbeda. Warna biru muda memiliki panjang gelombang yang pendek sehingga membuat mata cepat tegang dan lelah.

4. Sering Berkedip

Menurut sebuah studi, di depan layar komputer membuat orang lebih jarang berkedip. Padahal berkedip ini penting, untuk membasahi mata sehingga mencegah kekeringan dan iritasi. Dengan spaneng memelototi layar, membuat air mata lebih cepat kering. Cobalah melatih mata untuk berkedip setiap 20 menit.

5. Olahraga Mata

Ada yang namanya trik 20-20-20, yaitu dengan memandang jauh setiap 20 menit sekali dan tatap objek yang jauh, setidaknya 20 kari atau 6 meter minimal 20 detik. Dengan melihat jauh dapat melemaskan otot fokus dalam untuk mengurangi kelelahan. Atau bisa juga melihat objek jauh selama 10-15 detik kemudian alihkan pandangan ke objek dekat selama 10-15 detik.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like