Pulang Mudik, Ini 5 Hal Yang Harus Diperiksa pada Mobil

JogjaUpdate.com (17/06/18), Lebaran telah selesai, waktunya kembali ke perantauan masing-masing. Sama seperti saat berangkat, pulang mudik pun beragam kendaraan dipakai. Ada yang pakai angkutan umum, ada juga yang pakai kendaraan pribadi.

Baca Juga: Ini 4 Aksesori Mobil Yang Sebaiknya Tidak Dipakai

Bagi yang menggunakan mobil pribadi, selesai mudik mobil harus diperiksa. Karena menempuh perjalanan jauh, ada beberapa hal yang bisa mengganggu kinerja mobil.

Berikut ini ada 5 hal yang harus diperiksa pada mobil setelah pulang mudik:

1. Oli

Walau sebelum berangkat sudah melakukan penggantian oli, sebaiknya setelah mudik juga dicek lagi kondisinya. Bukan cuma kondisi dari oli, tapi juga cek apakah ada kebocoran atau tidak. Perhatikan sekitaran mesin, apakah ada rembesan oli.

2. Filter bahan bakar

Bagi pengguna mobil bermesin diesel, wajib memeriksa filter bahan bakar. Penggunaan bahan bakar saat di kampung halaman membuat filter bahan bakar rentan kotor. Ganti secara berkala untuk menghindari kotoran masuk dalam ruang bakar.

Baca Juga: 5 Penyebab Mobil Terbakar Yang Harus Kamu Ketahui

3. Rem

Rem adalah salah satu bagian penting dalam mobil, jadi jangan anggap remeh. Dalam perjalanan mudik pasti menemui beragam kondisi yang memaksa rem bekerja keras. Cek ketebalan kampas rem dan kondisi dari minyak rem.

4. Kaki-kaki

Saat mudik bisa saja menemui kondisi jalan yang kurang baik, atau mengangkat beban berat. Perikasa kondisi kaki-kaki dari suspensi hingga kondisi ban. Apakah ada kebocoran di tabung suspensi atau tidak, juga periksa tekanan angin pada ban.

5. Interior

Selama perjalanan mudik, interior menjadi rumah kedua. Pasti bakal meninggalkan kotoran seperti rontokan dan sisa makanan. Bersihkan interior, jangan sampai jadi sarang kuman penyakit.

Baca Juga: Fungsi Lain Sandaran Kepala Di Jok Mobil Saat Darurat

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like