Tips Meninggalkan Hewan Peliharaan Ketika Mudik

JogjaUpdate.com (19/6/17), Libur Lebaran telah tiba, banyak yang memanfaatkan untuk pulang ke kampung halaman atau mudik. Pastinya untuk mudik bakal meninggalkan hewan peliharaan dirumah atau tempat tinggal. Lalu bagaimana nasib hewan peliharaan ketika ditinggal mudik pemiliknya?

Pastinya pemilik khawatir akan kondisi hewan peliharaan selama ditingal mudik. Khawatir hewan peliharaan ditinggal sendirian di rumah, bagaimana makanannya, apakah terlantar atau tidak. Untuk itu, ada tips meninggal mudik hewan peliharaan dari aktivis dan pecinta hewan, Melanie Subono.

Menurut Melanie tidak sedikit hewan peliharaan yang terserang serangan panas atau heat stroke saat ditinggal mudik pemiliknya. “Dia terkena panas dan hujan lantaran ditaruh di tempat salah. Jakarta sangat panas dan terkadang hujan,” kata Melanie seperti yang dirilis Kompas.com.

Ditambahkannya, tidak sedikit pemilik yang meninggalkan anjing saat mudik sebagai penjaga rumah. Namun menurutnya, jangan meningalkan anjing dalam keadaan terlantar tanpa mendapatkan makan sama sekali. “Taruhlah di tempat yang memungkinkan ia bisa lari ke atap untuk berteduh, jangan di bawah pohon,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menyarankan agar pemilik mencari orang yang bisa menjaga hewan peliharan selama ditinggal. Minimal ada orang yang memberikan makan pada anjing satu kali sehari. “Jangan ditinggalkan makanan buat tujuh hari. Hewan mana bisa membagi makanan untuk Senin, Selasa, Rabu,” tambahnya.

Jika tidak menemukan orang yang bisa membantu memberikan makan hewan peliharaan ketika ditinggal mudik, bisa mencari penitipan. Sudah banyak tersedia hotel atau penitipan khusus hewan peliharaan, yang biasanya juga merangkap tempat pemeliharaan. Intinya jangan biarkan meninggalkan hewan peliharaan terlantar ditinggal mudik.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like