5 Penyebab Mobil Terbakar Yang Harus Kamu Ketahui

JogjaUpdate.com (23/05/18), Salah satu kejadian yang banyak ditakuti orang adalah mobil terbakar. Tidak sedikit kejadian mobil terbakar di jalan raya maupun di tempat parkir. Karena itulah, buat kamu pemilik atau pengendara mobil harus tahu penyebab dari kebakaran.

Baca: Kenapa Kendaraan Bermotor Wajib Menyalakan Lampu Di Siang Hari? Ini Alasannya

Berikut ini ada 5 penyebab mobil terbakar yang kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Konsleting

Yang paling umum terjadi adalah masalah pada kelistrikannya, seperti konsleting. Dari kabel yang terkelupas lalu menimbulkan percikan api hingga dari masalah di aki. Ketika aki bermasalah, bisa menciptakan timbunan gas hidrogen di sekitarnya. Seperti diketahui, gas ini rentan terbakar karena suhu panas dan percikan api.

2. Kebocoran bahan bakar dan oli

Dalam mobil terdapat banyak cairan mudah terbakar seperti bahan bakar, oli mesin, dan oli transmisi. Jika terjadi kebocoran pada saluran cairan-cairan ini, sangat berisiko menimbulkan kebakaran. Sedikit percikan api saja, dapat membakarnya dan menjalar ke mana-mana.

Baca: Fungsi Lain Sandaran Kepala Di Jok Mobil Saat Darurat

3. Overheat

Mesin mobil yang menyala pasti menimbulkan panas, karena terjadi proses pembakaran di dalamnya. Jika sistem pendingin mesin tidak bekerja dengan baik, risikonya overheat atau kepanasan. Suhu panas yang tinggi bisa membuat bahan bakar maupun oli tiba-tiba terbakar.

4. Kecelakaan

Kecelakaan mobil yang parah bisa menimbulkan banyak kerusakan, bahkan kebocoran di berbagai tempat. Dengan bocornya bahan bakar dan oli juga rusaknya sistem kelistrikan dapat memicu percikan api. Kemudian disusul dengan terbakarnya mobil, bahkan bisa terjadi ledakan.

5. Kesengajaan

Penyebab terjadinya kebakaran pada mobil adalah faktor kesengajaan. Ada orang atau malah pemiliknya sendiri yang secara sengaja membakar mobilnya. Bisa jadi dengan motif kriminal, iseng, melenyapka barang bukti, atau biar dibeliin mobil baru.

Baca: Berkendara Saat Hujan, Tekanan Angin Ban Harus Diperhatikan

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like