Punya Ponsel Jadul? Jangan Dibuang, Masih Bisa Dimanfaatkan

JogjaUpdate.com (19/11/17), Perkembangan dan penetrasi smartphone sangat cepat dan tinggi, bahkan hampir semua orang kini telah memiliki perangkat ponsel canggih. Jika semua orang telah memiliki smartphone canggih, lalu apa yang akan dilakukan pada ponsel jadul sebelumnya?

Jika masih mempunyai ponsel jadul, jangan langsung dibuang atau dijual. Kamu masih bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan berikut ini:

1. Ponsel kedua

Banyak orang Indonesia memiliki nomor telepon lebih dari satu, dengan berbagai macam alasan. Kamu bisa menggunakan ponsel jadul sebagai ponsel kedua untuk menampung nomor lain. Manfaatkan jika smartphone kamu kehabisan baterai. Dengan ponsel jadul ini, kamu masih bisa melakukan panggilan telepon dan sms.

2. Pemutar Musik dan Radio

Walaupun jadul, ada beberapa ponsel yang telah dilengkapi dengan fitur pemutar musik dan radio. Manfaatkan fitur ponsel lama kamu yang jadul ini sebagai radio atau MP3 Player. Kamu bisa tetap mendengarkan musik atau radio, tapi tetap menghemat baterai smartphone atau ponsel utama.

3. Senter

Saat listrik padam atau dalam kondisi ruangan gelap, kamu memerlukan senter atau flashlight untuk pencahayaan. Beberapa ponsel lama memiliki fitur ini, kamu bisa memanfaatkannya. Walaupun smartphone utama kamu juga punya fitur ini, sebaiknya gunakan ponsel jadul agar menghemat baterai.

4. Alarm

Selain fitur senter, yang biasanya ada dalam ponsel lama adalah fitur alarm. Bahkan pada ponsel lama yang belum memiliki sistem operasi canggih sudah memiliki alarm. Kamu bisa memanfaatkan sebagai alarm kedua, jika alarm di smartphone utama tidak membuatmu terbangun dari tidur.

5. Pengganti Telepon Rumah

Keberadaan smartphone yang selalu dibawa ke mana-mana, lambat laun bisa menggantikan telepon rumah. Bahkan ada yang sengaja memutuskan telepon rumahnya karena telah berpindah ke ponsel atau smartphone. Kamu bisa gunakan ponsel lama untuk menggantikan telepon rumah.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like