Jebul Ada Usia Pakai Helm Yang Ideal

JogjaUpdate.com (15/7/17), Helm adalah kelengkapan wajib yang harus dikenakan saat mengendarai sepeda motor. Kelengkapan yang sangat penting untuk keselamata ini sebenarnya tidak boleh sembarangan dalam merawatnya. Jebul ada usia pakai helm ideal yang harus diperhatikan.

Banyak pengendara sepeda motor yang memiliki helm telah berumur bertahun-tahun tidak diganti. Dan tidak sedikit yang baru ganti helm jika telah rusak saja. Hal seperti ini sebenarnya tidak masalah, tapi dari sisi keselamatan dan keamanan yang kurang bagus. Juga terkait dengan sisi kenyamanan dalam pemakaiannya.

Menurut yang diberitakan Otomania.com, Mugiyono, Engineering R&D KYT menjelaskan kalau helm memiliki masa pakai ideal. Dijelaskannya helm memiliki masa pakai ideal sekitar dua tahun. “Apalagi sering dipakai dan dijemur, karena helm memiliki lapisan khusus, yang seiring berjalannya waktu dan pemakaian akan berkurang fungsinya,” ungkap Mugiyono.

Ditambahkan Mugiyono, lapisan khusus tersebut akan mengalami penyusutan dan helm menjadi tidak pas di kepala. Hal ini bisa membahayakan jika mengalami kecelakaan. “Biasanya hal seperti itu yang tidak diperhatikan oleh pengguna helm, padahal dari sisi keamanan sangat penting. Jadi minimal sekali dua tahun, apalagi sering kena panas itu bisa lebih cepat lagi,” kata dia.

Untuk memperpanjang masa pakai, Mugiyono menyarankan ketika parkir di tempat panas jangan disimpan dalam bagasi. Ia juga tidak menyarankan untuk mengantungnya di luar atau di spion motor. “Karena di dalam bagasi itu udaranya lebih panas, kemungkinan menyusutnya lebih cepat,” ucap Mugiyono.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like