Inilah 4 Penyebab Motor Mogok Tiba-tiba

JogjaUpdate.com (21/9/17), Bagi pengendara sepeda motor, pasti pernah mengalami kendaraan tiba-tiba mogo dijalan. Tidak tahu apa penyebabnya, cuma bingung sendiri bahkan panik. Tenang, jangan buru-buru panik dulu. Kenali beberapa penyebab motor mogok secara tiba-tiba dijalan.

Sepeda motor tiba-tiba mogok di jalan pasti ada penyebabnya, bukan karena ulah makhluk halus. Kejadian ini memang sering membuat panik para pengendara. Menurut yang dimuat Liputan6.com (19/9/17), yang peling penting dalam kondisi seperti ini adalah tenang dan tidak perlu panik.

Kepala Bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) Daya Motor Cibinong, Asep Suherman mengungkapkan beberapa hal yang harus dicek dari sepeda motor. Menurut asep ada 4 hal yang biasanya jadi penyebab motor mogok secara tiba-tiba. Apa saja? berikut ini daftarnya:

1. Bahan Bakar

Jangan terlalu panik dulu, yang sebainya pertama dicek adalah ketersediaan bahan bakar. Cek indikator bahan bakar atau odometer, juga bisa dengan buka penutup tanki bahan bakar dan intip masih ada atau kosong. Kadang orang lupa mengisi bahan bakar sehingga kehabisan di jalan.

2. Jalur Suplai Bahan Bakar

Pengecekan kedua adalah jalur dari suplai bahan bakar tersebut. Karena tidak menutup kemungkinan aliran bahan bakar tersubat sehingga tidak lancar mensuplai pembakaran. Hal ini bisa terjadi karena kualitas bahan bakar yang buruk dan banyaknya kotoran. Bisa juga karena karat yang mengelupas dan menyumbat.

3. Kabel Busi

Pengecekan ketika adalah pada bagian kabel busi yang berfungsi menghantarkan aliran listrik. Kabel busi berfungsi menghantarkan aliran listrik ke busi agar diubah menjadi bunga api. Kabel busi yang baik tentu dapat menyalirkan listrik secara lancar. Cek juga apakah kabel terpasang dengan baik pada busi.

4. Busi

Yang keempat adalah pengecekan pada bagian busi itu sendiri. Yang sering terjadi adalah salah seting bahan bakar sehingga ruang bakar menjadi banjir dan terlalu lembab. Kondisi ini menyebabkan mudah kotor pada ruang bakar, termasuk busi. Kotoran pada busi bisa membuat konsleting dan cepat mati.

Jika telah melakukan pada keemapat bagian diatas namun sepeda motor masih saja belum mau nyala, sebaiknya dibawa ke bengkel terdekat. Serahkan masalah pada teknisi untuk menyelesaikan hingga sepeda motor kembali sehat. Jangan lupa tanyakan juga apa penyebabnya kepada teknisi.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like