Menurut Laporan WHO, 7 Juta Orang Meninggal Setiap Tahun Karena Polusi Udara

JogjaUpdate.com (08/05/18), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), belum lama ini (02/05/18) mengeluarkan laporan terbarunya yang termasuk tingkat polusi udara. Disebutkan kalau 90 persen orang di bumi menghirup udara dengan tingkat polutan tinggi.

Baca: Tidak Hanya Pernapasan, Polusi Udara Juga Merusak Kulit

Menurut yang dimuat dw.com, WHO memperingatkan bahaya racun di udara yang dapat menyebabkan stroke dan kanker paru-paru. Badan kesehatan PBB ini pun menyebutkan kalau setiap tahunnya ada sekitar 7 orang meninggal dunia karena menghirup udara dengan tingkat polutan tinggi.

Disebutkan 90 persen kematian karena kualitas udara buruk terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah, terutama dari Asia dan Afrika. “Polusi udara mengancam kita semua, tetapi orang-orang termiskin dan paling terpinggirkan menanggung beban yang paling berat,” kata kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Baca: Jebul Suara Bising Perkotaan Meningkatkan Risiko Tuli Dan Pikun

WHO juga melaporkan kualitas udara di luar dan dalam ruangan dan 4.300 kota di 108 negara. Polusi udara di tempat terbuka diperkirakan menyebabkan 4,2 juta kematian pada tahun 2016. Lalu 3,8 juta kematian karena polusi udara rumah tangga yang disebabkan dari bahan bakar polutan seperti arang.

“Tidak dapat diterima bahwa lebih dari 3 miliar orang – kebanyakan dari mereka perempuan dan anak-anak – masih menghirup asap mematikan setiap hari dari menggunakan tungku dan bahan bakar yang mencemari di rumah mereka,” kata Ghebreyesus.

Menurut catatan WHO, 40 persen populasi global tidak memiliki akses ke bahan bakar memasak bersih di rumah mereka. Disebutkan juga kalau polusi udara merupakan salah satu penyebab stroke, kanker paru-paru, penyakit jantung dan infeksi pernapasan seperti pneumonia.

Baca: Tidak Ditebang, Pohon Dipindahkan Demi Pembangunan

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like