Sudah Ganti Password Twitter? Ini Alasan Kamu Harus Melakukannya

JogjaUpdate.com (04/05/18), Hari ini, tiba-tiba Twitter memberikan himbauan para penggunanya untuk mengganti password akun mereka. Himbauan ganti password Twitter ini bukan tanpa alasan, karena ditemukannya bug dalam sistem mereka.

Baca: Tips Membuat Password Aman Dan Tidak Mudah Dibobol

Melalui blog resminya, CTO Twitter Parag Agrawal menjelaskan masalah yang ditimbulkan oleh bug ini. Disebutkan, selama ini mereka telah menggunakan teknologi untuk menyamarkan password yang disimpan. Ini tujuan agar tidak seorang pun tahu password yang disimpan, termasuk orang dalam Twitter sendiri.

Baru-baru ini, mereka menemukan bug (celah) yang memungkinkan password tersimpan tanpa penyamaran. Password yang tidak tersamarkan ini tersimpan dalam log internal mereka. Untungnya mereka telah memperbaiki bug ini dan sedang melakukan penyelidikan apakah ada yang menyalah gunakanannya.

Baca: Jangan Dipakai, Ini Daftar Password Paling Mudah Ditebak

Password yang tersimpan dalam log internal inilah ternyata sama sekali tidak disamarkan dan mudah untuk dibaca. Bahkan hanya berbentuk plaintext saja. Jika log internal ini ada yang membawa keluar dari Twitter, akan mudah untuk disalah gunakan oleh orang tidak bertanggungjawab.

Untuk mengantisipasi hal buruk terjadi, Twitter meminta seluruh penggunanya untuk segera mengganti password mereka. Sudahkan kamu ganti password Twitter? Kalau belum, ikuti saran dari Twitter untuk segera mengganti password akun kamu.

Untuk ganti password Twitter, kamu bisa mengaksesnya melalui web Twitter lalu ke menu Setting and Privacy kemudian ke menu Password. Jika melalui app Twitter, diakses dari menu Setting and Privacy lalu ke menu Account kemudian ke menu Password.

Baca: Manfaat Twitter 280 Karakter, Buat Main Catur

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like