Tidak Ditebang, Pohon Dipindahkan Demi Pembangunan

JogjaUpdate.com (14/6/17), Banyak proyek-proyek pembangunan yang mengorbankan pepohonan. Seperti proyek pelebaran jalan atau pembangunan gedung, banyak yang melakukan penebangan pohon untuk membuka atau meluaskan lahan. Namun tidak dengan beberapa proyek ini, pohon dipindahkan demi pembangunan.

Iya, pohon-pohon ini tidak ditebang tapi dipindahkan ke tempat lain. Salah satunya terjadi di Singapura, tepatnya di Civic District. Sebuah pohon di tempat ini memiliki bola akar dengan berat lebih dari 90 ton berhasil dipindahkan dari tempatnya. Dan pemindahannya tidaklah sembarangan diangakat begitu saja.

Pohon ini diangkat menggunakan alat berat seperti Crane dan menggunakan beberapa besi pengaman. Sebelum diangkat pohon juga melalui beberapa pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan kesehatan dan kelayakannya. Beberapa ranting dipangkas untuk meminimalkan penguapan pada pohon tersebut.

Barulah pohon ini diangkat menggunakan Crane Crawler ke tempat barunya dengan selamat. Simak berikut ini video pengangkatan pohon di Singapura ini:

 

Selain di Singapura proses pemindahan pohon ini juga telah lumrah dilakukan diberbagai negara lainnya. Seperti yang terjadi di kota League, Texas, Amerika Serikat yang memutuskan untuk memindahkan pohon bukan menebang. Pohon Oak berusia seratus tahun ini dipindahkan karena lokasi tersebut akan dilakukan pelebaran jalan.

Sebelum diangkat pohon Oak ini dipersiapkan dahulu dengan membuat bingkai dari kayu untuk mengamankan akarnya. Barulah pohon ini diangkat menggunakan alat-alat berat, lalu dipindahkan sejauh hampir 500 meter. Dan selama perjalanan, akar pohon ini selalu disirami air untuk menghindari kekeringan.

Simak berikut ini video proses pemindahan pohon Oak yang berusia 100 tahun di Texas:

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like