Mending Tertib, Ini Bahaya Bawa Motor Lawan Arus

JogjaUpdate.com (20/01/2019), Jalan raya adalah salah tempat berbahaya yang tak banyak orang sadari. Berapa banyak nyawa melayang di jalan raya. Sudah gitu, masih aja ada yang tidak tertib seperti motor lawan arus.

Tidak jarang kita temui pengemudi yang lawan arus, padahal membahayakan. Terutama pengguna sepeda motor yang lebih banyak ditemui.

Baca Juga : Bahaya Belok Miring Ala Pembalap Di Jalan Raya, Mending Ke Sirkuit Wae

Entah alasan karena macet atau cuma dekat, rela untuk melawan arah. Apakah itu bisa dibenarkan? Apakah sudah siap dengan risikonya?

Dilansir dari situs resmi Suzuki Indonesia, ada beberapa bahaya yang bisa mendatangi motor lawan arus. Apa saja? Simak berikut ini.

1. Rawan Kecelakaan Lalu Lintas

Bahaya pertama dan pasti mengintai adalah rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Tentunya hal ini sangat membahayakan baik bagi diri sendiri maupun orang lain sesama pengguna jalan.

Melawan arus tentunya akan beresiko terjadinya benturan sesama pengendara. Salah-salah nyawa menjadi taruhannya. Jelas melawan arus adalah sesuatu hal yang fatal.

Baca Juga : Tahukah Kamu Makna Marka Jalan Zig Zag Ini?

2. Menjadi Tersangka dan Disalahkan

Selanjutnya bahaya lainnya adalah Anda yang berkendara dengan melawan arus tentunya menjadi tersangka utama dan menjadi orang satu-satunya sebagai yang disalahkan.

Meski tidak menutup kemungkinan, yang menabrak misalnya bukan Anda tapi yang lain, tetap saja Anda menjadi salah karena melawan arus.

3. Terancam Pidana dan Kurungan Penjara

Nah jika sudah terjadi kecelakaan yang melibatkan pengendara motor yang lawan arus dan menyebabkan adanya korban jiwa, maka pengendara yang melawan arus bisa dipidanakan.

Adapun pidana pasal 310 UU Lalu Lintas, juga dapat dikenai kurungan penjara paling lama enam bulan penjara.

Baca Juga : Jangan Sembarangan Membunyikan Klakson Motor, Ada Etikanya

Itulah 3 bahaya yang mengancam motor lawan arus. Sok-sok antimainstream boleh, tapi jangan dengan lawan arus di jalan. Taati peraturan lalu lintas, demi keselamatan bersama.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like