Sekaten, Gamelan, dan Lumpia Sah mendapat Pengakuan UNESCO

marklockett

Jogjaupdate.com (14/11/14), Gamelan, Sekaten, dan Lumpia akhirnya sah, mendapat pengakuan dunia tahun 2014 ini. Dengan diakuinya warisan budaya asli Indonesia ini, membuat Gamelan, Sekaten, dan Lumpia tidak bisa diklaim oleh negara luar.
Sebenarnya masih ada satu lagi budaya asli Indonesia yang diajukan untuk mendapat pengakuan internasional. Yakni Sintren, akan tetapi masih dikaji ulang.

Secara teknis, pengusulan itu melewati beberapa proses. Pertama dari pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata terkait bekerjasama dengan Balai Pelestarian Nilai Budaya di Yogyakarta (membawahi tiga kawasan di Jawa yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur).

Selanjutnya usulan dikaji ke Subdit Kekayaan Budaya Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kemudian dilanjutkan ke UNESCO untuk mendapat pengakuan. Sebelumnya sudah ada batik, keris, dan wayang yang sudah mendapat pengkuan UNESCO. seperti dikutip jogjaupdate dari tribunnews.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like