Bedah Buku 7 Arsitek, Mengupas Pemahaman Arsitek Akan Rancang dan Bangun Kehidupan

Yogyakarta (21/11/15), Arsitektur tidak sekadar tentang renovasi dengan biaya murah, arsitektur tidak sekadar melekat dengan konteks mewah, namun arsitektur juga lekat dengan nilai keseharian masyarakat dan arsitektur juga bicara tentang disiplin sebuah proses berpengetahuan. Bahwa arsitektur tidak sekadar 1 sisi keping mata uang tetapi juga ada sisi lain dari kepingan itu yang perlu dibicarakan.

Bantul—Bertempat di halaman Radio Buku, diskusi buku tentang arsitek digelar (21/11/15). Buku tersebut berjudul 7 Arsitek Indonesia karya Peter Yogan Gandakusuma dan Murni Khuarizmi. Sesui judulnya, buku ini melibatkan 7 orang arsitek muda yang profil dan karyanya dimuat dalam buku tersebut. Mereka adalah Martin luqman Katoppo, Yu Sing, Gede Kresna, Effan Adhiwira, Ign. Susiadi Wibowo, Ariko Andikabina, dan Stanley Wangsa. Dua penulis dan tujuh arsitek yang terlibat direncanakan hadir dalam acara yang akan digelar mulai pukul 18.30 nanti.

Gagasan buku ini hadir dari grup Biang Desain dan Menjadi Ekologis di bawah naungan Rujak Center for Urban Studies. Dari kebersamaan para arsitek yang terlibat, tercetuslah komunitas Design as Generator dan Lab Tanya. Buku selain ini memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat luas, juga telah mengikat mereka seperti simpul sapu lidi, arsitek muda berkumpul dan membangun kesadaran kolektif tentang lingkungan.

“Bahwa arsitektur itu tidak sekedar rumah murah. Arsitektur tidak sekedar rumah impian dan idaman super mewah. Arsitektur bicara tentang nilai kehidupan dan tata laku, baik dari si arsitek lewat karyanya. Buku ini ingin meyakinkan publik pembaca bahwa arsitektur ialah tentang sebuah pemahaman akan rancang dan bangun kehidupan, tidak sekedar bangunan dalam konteks keren estetis, murah atau mewah semata. Buku ini bicara tentang mengapa kita berarsitektur dan mendesain dengan nilai-nilai luhur.” Kata Peter Yogan Gandakusuma memberikan keterangan terkait bukunya tersebut.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like