Kenapa Susah Mengingat Password? Jebul Ini Penyebabnya

JogjaUpdate.com (11/09/18) Di era digital seperti sekarang pasti dibutuhkan login dengan password. Namun parahnya, tidak semua orang mudah untuk mengingat password login mereka.

Sehingga tidak heran orang memiliki banyak akun di media sosial hanya karena lupa password. Padahal kalau bisa mengingatnya, hanya cukup satu tanpa harus gonta-ganti.

Baca Juga: Ini Bahaya Bertengkar Lewat Chat

Apa sih yang menyebabkan orang susah untuk mengingat password? Apakah hanya karena dia seorang pelupa. Atau ada hal lain yang membuat password mudah dilupakan.

Ternyata ada sebuah penelitian yang mengungkap hal ini. Yaitu dari Universitas Rugers, New Brunswick, Amerika Serikat dan Universitas Aalto, Finlandia.

Disebutkan kalau situs-situs kebanyakan hanya memberitahu kalau password pengguna lemah atau kuat. Namun tidak melakukan apa-apa untuk membantu mengingat password tersebut.

Baca Juga: Jangan Dipakai, Ini Daftar Password Paling Mudah Ditebak

Dengan kata lain, sistemnya sendiri tidak membantu dalam mengingat password. Hanya terkait password tersebut aman atau tidak.

Password berbasis teks akan sulit untuk diingat, sehingga kebanyakan orang memilih kata sederhana. Namun kata sederhana ini tidaklah aman untuk password.

Selain itu, peneliti juga menemukan bukti kalau memori manusia dapat beradaptasi berdasarkan seberapa sering password tersebut dibutuhkan.

Baca Juga: Tips Membuat Password Aman Dan Tidak Mudah Dibobol

Jika ia sering menggunakan password tersebut, maka ia tidak akan mudah lupa. Begitu juga sebaliknya, semakin jarang dipergunakan semakin mudah lupa.

Karena itu, sebuah sistem dalam perancangannya, seharusnya memperhatikan lingkungan pengguna dan bagaimana cara kerja ingatan manusia.

Penelitian ini menyimpulkan kalau sistem seharusnya dapat memprediksi seberapa mudah password untuk diingat dan mengukur apakah seberapa sering orang harus login menggunakannya.

Baca Juga: Cara Membuat Password Yang Aman Tapi Mudah Diingat

Dan buat kamu pengguna, semakin sering kamu login dengan password, semakin mudah untuk mengingat password tersebut.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like