Ini Tips Bebas Bau Mulut Saat Berpuasa

JogjaUpdate.com (20/05/18), Salah satu permasalahan yang sering muncul saat menjalankan ibadah puasa adalah mau mulut tidak sedap. Hal ini disebabkan oleh beberapa kondisi, dari masalah gigi hingga dehidrasi. Namun tentu saja, masalah bau mulut saat berpuasa ini dapat diatasi.

Baca: Kenali Penyebab Bau Mulut

Berikut ini beberapa tips terhindar dari bau mulut saat berpuasa:

1. Gosok gigi dengan benar

Kebersihan gigi dan mulut adalah kunci pertama dalam menghindari bau mulut saat berpuasa. Rajin gosok gigi saja tidak cukup, namun harus dilakukan dengan benar. Gosok gigi jangan asal cepat saja, namun harus secara menyeluruh membersihkan sisa makanan di gigi.

2. Sayur dan buah segar

Pemilihan makanan juga penting untuk menghindari bau mulut. Pilih sayur dan buah segar untuk sahur maupun buka puasa. Sayuran dan buah kering bisa memicu munculnya bau mulut. Perhatikan juga bahan dan bumbu tambahan dalam makanan juga memicu bau mulut.

3. Hindari konsumsi bawang

Bawang merah maupun putih bakal meninggalkan aroma khasnya di mulut setelah dikonsumsi. Aroma ini juga susah untuk dihilangkan walaupun telah menggosok gigi. Karena itu hindari konsumsi bawang saat sahur agar mulut tetap fresh sepanjang hari.

4. Konsumsi karbohidrat

Saat sahur maupun berbuka, sebaiknya tetap mengkonsumsi karbohidrat. Ada penelitian yang membuktikan jika tubuh kekurangan karbohidrat, akan mengeluarkan cairan ketones yang membuat mulut bau tidak sedap. Kalau tidak mau nasi, ada banyak pilihan karbohidrat lainnya seperti pisang dan kentang.

Baca: 7 Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Petai

5. Hindari kopi dan keju

Mengkonsumsi kopi dan keju secara berlebihan bisa membuat mulut cepat kering. Kondisi mulut kering ini bisa memicu munculnya bau mulut. Jika kamu tidak bisa untuk tidak mengkonsumsi kopi dan keju, sebaiknya konsumsi pada awal sahur atau berbuka.

6. Perbanyak minum air putih

Salah satu penyebab bau mulut adalah dehidrasi atau kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Karena itu, cukupilah cairan tubuh setelah berbuka atau sebelum sahur dengan banyak minum air putih. Sangat disarankan memenuhi cairan dengan air putih, karena tidak menimbulkan bau dalam mulut.

7. Mouthwash 

Cara terakhir untuk menghilangkan bau mulut  adalah dengan menggunakan mouthwash. Berkumurlah dengan mouthwash setelah sahur atau ketika mulut sudah mulai mengeluarkan bau tidak sedap. Namun ingat, jangan sampai tertelan saat berpuasa.

Baca: Cara Mengatasi Bau Mulut

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like