Puasa Tapi Berat Badan Malah Naik, Ada Yang Salah?

JogjaUpdate.com (7/6/17), Banyak yang memanfaatkan moment puasa untuk sekalian diet menurunkan berat badan. Dengan menahan tidak makan dan minum seharian, ia berharap bisa sekalian menurunkan berat badan. Namun kadang walau puasa tapi berat badan malah naik. Apakah ada yang salah?

Menurut yang dirilis Kompas.com, Aldis Ruslialdi, Health and Nutrition Education Expert dari Nutrifood mengatakan, puasa mampu memperbaiki kondisi kesehatan tubuh. Selain itu, puasa juga membantu menurunkan berat badan dan juga sekaligus memperbaiki profil kolesterol.

Namun menurut Aldis, manfaat berpuasa yang baik tersebut tidak bisa didapatkan jika kebiasaan makan berlebihan ketika berbuka. “Kebanyakan orang sudah merasa berjuang menahan lapar dan haus seharian, sehingga butuh reward saat berbuka. Akibatnya makan berlebih,” ungkapnya.

Ketika berpuasa, waktu makan yang tadinya 3 kali dengan dua caliman, berubah jadi dua kali makan. Jika bisa menahan nafsu untuk “balas dendam” saat berpuka, seharusnya berat badan tidak akan bertambah. Namun sayangnya tidak sedikit orang yang bisa demikian, banyak yang melampiaskan nafsu makannya saat berbuka.

Dan justru konsumsi kalori, gula dan lemak bisa lebih banyak dibandingkan ketika tidak berpuasa. “Walau makannya hanya dua kali, tapi jumlah kalori yang dikonsumsi justru lebih banyak dari hari-hari biasa. Orang justru memanfaatkan waktu makan yang sedikit itu dengan makan sangat maksimal. Konsumsi gula dan lemak juga lebih banyak,” papar Aldis.

Untuk menyiasati hal ini, Aldis merekomendasikan pemilihan sahur dan berbuka yang lebih cermat. Jangan sembarangan untuk memuaskan nafsu makan. “Makanan yang masuk seharusnya menggantikan nutrisi yang hilang saat puasa. Jangan hanya mengasup gula dan gula saja,” imbuhnya.

Ia juga merekomendasikan untuk mengonsumsi lebih banyak sayuran, buah, dan daging tanpa lemak. Untuk karbohidrat, bisa memilih karbohidrat yang komples seperti nasi merah, oatmeal, pisang, atau gandum. Batasi juga konsumsi gula, walau manis-manis tapi pilih yang masih ada kandungan serat dan vitaminnya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like