Ini Perbedaan Gula Jawa, Gula Aren, dan Gula Palem

JogjaUpdate.com (05/04/18), Gula merah yang kita kenal selama ini ternyata ada banyak macamnya. Ada Gula Jawa, Gula Aren, dan Gula Palem yang kliatannya mirip namun ternyata berbeda. Lalu apa perbedaan Gula Jawa, Gula Aren, dan Gula Palem? Berikut ini perbedaannya:

Baca: Apa Bedanya Gudeg Basah Dan Gudeg Kering

1. Gula Jawa

Gula merah yang paling terkenal ini sering di pakai dalam berbagai macam kuliner. Gula ini termasuk dalam Gula Merah karena warnanya yang cokelat kemerahan. Biasanya Gula Jawa dijual dalam bentuk silinder kecil padat tapi ada yang dicetak dengan batok kelapa. Gula ini terbuat dari sari pohon kelapa atau getah palma.

2. Gula Aren

Sekilas Gula Aren mirip dengan Gula Jawa, sehingga banyak yang terkecoh. Bentuknya juga mirip, ada yang dicetak dengan batok kelapa dan ada yang silinder kecil padat. Bedanya, Gula Aren terbuat dari nira pohon enau dan berwarna cerah kekuningan. Tektusnya lebih empuk dan ketika dicairkan lebih legit.

3. Gula Palem

Ini yang paling berbeda dibandingkan Gula Merah lainnya, dari bentuk hingga teksturnya. Gula yang sering disebut gula pasir cokelat ini memiliki tekstur halus seperti gula pasir namun berwarna kecokelatan. Gula Palem terbuat dari nira atau sari batang palem yang memiliki aroma wangi.

Itu tadi perbedaan Gula Jawa, Gula Aren, dan Gula Palem. Semoga bermanfaat dan jangan sampai salah pilih lagi.

Baca: Resep Mudah: Singkong Rebus Gula Aren

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like