7 Kuliner Di Klaten Yang Harus Kamu Coba

JogjaUpdate.com (24/2/17), Kalau mendengar kuliner Klaten pasti kamu terngiang nama Sop Ayam Pak Min? Tidak, kali ini kami tidak membahas Sop Ayam ternama yang ada di mana-mana itu. Kali ini kami bahas macam-macam kuliner di Klaten yang harus kamu coba, selain sop ayam yang terkenal itu. Berikut ini diantaranya:

1. Nasi Tumpang Lethok

Banyak yang mengenalnya sebagai Sambel Tumpang atau Nasi Tumpang, tapi di Klaten dikenal sebagai Lethok. Kamu bisa memilih menggunakan nasi atau bubur dengan lauk urap yang berisi irisan pepaya muda, daun pepaya, nangka, kemangi dan petai cina. Kemudian disiram dengan kuah sambal Tumpang atau Lethok. Selain itu juga ada tambahan koyor (sesetan otot daging sapi), telur rebus, krecek dan kurapan gudangan daun kates, bayem, nangka muda serta daun jeruk.

Nasi Tumpang Lethok dengan rasa yang khas ini dapat kamu jumpai di sepanjang Jl. Mayor Kusmanto hingga daerah perlimaan Bramen di pagi hari. Namun yang terkenal adah Rumah Makan Tumpang Lethok Mbak Riyanti. Kalo sedang di Klaten, langsung saja coba Nasi Tumpang Lethok khas Klaten ini.

Traditional food from Klaten, Tumpang Lethok contain veggie, egg, and beef. #traditional #meal

A post shared by Lita Kusumasari (@litakusumasari) on

 

2. Ayam Panggang Klaten

Bukan sekedar ayam panggang biasa, Ayam Panggang khas Klaten bercitarasa dominan manis sedikit gurih. Ditunjang lagi dengan guyuran bumbu areh yang siap menggoyang lidah. Apalagi dinikmati dengan nasi putih panas dan sambel, pasti membuat air liur menetes. Perpaduan bumbu rempah-rempah dengan jawa dan santan membuah rasanya sangat khas.

Untuk Ayam Panggang Klaten yang ternama ada Ny. Anggraini di Jl.Rajawali No.113 dan Toko Florida di Jl.Pemuda No. 61. Keduanya dikenal dengan kelezatan Ayam Panggang khas Klaten ini. Kalo sedang di Klaten, langsung saja coba Ayam Panggang ini.

Ayam panggang#@20k

A post shared by Yuliani Wijono (@yuliani_wijono) on

 

3. Soto dan Bacem Bebek

Soto biasanya menggunakan daging ayam atau sapi, namun ternyata ada juga yang menggunakan daging bebek. Salah satu yang ternama adalah Soto Bebek khas Klaten yang disajikan bersama Bebek Bacem. Perpaduan antara daging bebek yang empuk dengan kuah segar dan bumbu rempah membuatnya lezat. Belum lagi Bacem Bebek yang gurih dan manis menambah kenikmatannya.

Salah satu yang ternama adalah Soto Bebek Bu Siswo yang berlokasikan di jalan raya Yogyakarta- Solo, tepatnya di Karanglo, Gondang, Klaten. Atau sebelah Timur Pabrik Gula Gondang, Klaten. Warung soto ini sudah berdiri sejak 1953, dan kini di tangan generasi ke-3. Sejak awal berdirinya, Warung Soto Bebek Bu Siswo ini telah menyajikan soto bebek.

Wekwekwekwek! #theadytiasgoestojogja

A post shared by Cynthia Adytia (@cynthiaaadytia) on

 

4. Swike Bu Reso

Menu Swike atau masakan daging Kodok juga ada lho di Klaten. Salah satu yang ternama adalah Swike Bu Reso, yang menyediakan beragam menu olahan daging kodok. Diantaranya Swike Goreng, Swike Kuah, Swike Nyemek, Swike Rica-Rica, Swike Goreng Tepung, dan Telur Kodok Goreng. Di Swike Bu Reso ini, hanya menggunakan kodok jesnis Montok saja.

Lokasi Swike Bu Reso ini di belakang Plasa Matahari (iya Plasa pakae S bukan Z) atau belakang BRI Pasar Klaten, tepatnya di Karangduwet, Mojayan. Banyak yang merekomendasikan Swike Bu Reso ini, karena memang lezat terutama bumbunya yang pas. Kalau ke Klaten dan doyan makan Swike, mampirlah ke Swike Bu Reso.

 

5. Bakmi Miroso

Bagi kamu yang menyukai kuliner bergenre Chinese Food, tempat ini cocok. Bakmie Miroso ini salah satu restoran legendaris di Klaten yang menyediakan berbagai macam menu Chinese Food. Beragam menu tersedia, mulai dari nasi goreng, ayam koloke, hingga mie ayam pangsit. Yang kesemua menunya layak dicoba, karena memanga benar-benar lezat. Di sini juga tersedia menu Non-Halal.

Alamat Bakmi Miroso ini di Jl. Pemuda No.125, Klaten Tengah, tidak jauh dari Alun-alun Kota Klaten, namun agak masuk ke dalam. Walaupun begitu, cukup mudah untuk menemukan rumah makan ini. Kamu pasti menemukan deretan mobil yang parkir di dekat Bakmi Miroso ini. Karena banyak orang yang rela mengantri untuk menikmati makanan di sini.

 

6. Kepelan

Buat kamu yang bukan warga Klaten, mungkin asing dengan nama Kepelan atau malah belum pernah mendengarnya. Kepelan ini adalah makanan khas Desa Keden, Pedan, Klaten. Makanan ringan ini terbuat dari tepung gandum yang dibumbui bawang merah, bawang putih, merica, dan garam. Kepelan semacam gorengan dengan bentuk bulat dan memiliki rasa dominan gurih.

Untuk mendapatkan Kepelan ini cukup mudah, tidak perlu jauh-jauh ke wilayah Pedan. Karena banyak yang menjualnya di pusat kota, terutama di seputaran alun-alun Kota Klaten. Biasanya kepelan ini dinikmati dengan cocolan saus selagi masih hangat.

#kepelan #kuliner #klaten #mcoba tuk mcari keisengan???

A post shared by Mia Sulistia (@sulistiamia_bumidubin) on

 

7. Keripik Belut

Untuk oleh-oleh dari Klaten, salah satu yang paling populer adalah Keripik Belut. Biasanya menggunakan belut yang ditangkap di sawah atau sungai. Namun beberapa juga menggunakan belut dari yang dikembang biakan. Keripik Belut Klaten ini juga ternama dengan kerenyahan dan rasanya yang gurih.

Untuk mendapatkan Keripik Belut khas Klaten ini cukup mudah, karena banyak di pusat oleh-oleh. Namun yang ternama ada pusat oleh-oleh khas Klaten Bu Mangun yang terletak di jalan Rajawali, Gg Latarputih 15, Bareng, Klaten. Selain Keripik Belut, di sini kamu juga bisa mendapatkan Keripik Paru dan Keripik Ceker.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like