Desa Wisata Trumpon, Agrotourism di Lereng Gunung Merapi

JogjaUpdate.com (13/07/2019), Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) banyak berkembang desa wisata dengan ciri khas masing-masing. Salah satunya ada Desa Wisata Trumpon yang berada di lereng Gunung Merapi.

Desa Wisata ini merupakan wisata agrotourism yang ada di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Dusun Trumpon, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Baca Juga : Pernah Dikira Shanghai, Inilah Kampung Pecinan Ketandan

Agrotourism yang dimiliki Desa Wisata Trumpon ini berupa perkebunan salak pondoh yang tertata rapi dan indah dipandang.

Selama berada di Desa Trumpon, wisatawan akan disambut perkebunan salak pondoh yang terhampar luas. Pastinya menyegarkan mata melihat keindahan tempat ini.

bagi wisatawan yang berkunjung, disediakan sejumlah paket wisata seperti menjelajah kebun salak, memetik dan makan salak sepuasnya serta melihat dan belajar budidaya salak pondoh.

Di sekitar perkebunan terdapat fasilitas gardu pandang berupa bangunan 3 lantai. Kamu tidak hanya menikmati keindahan hamparan kebun salak saja.

Dari atas sini, wisatawan bisa melihat panorama Gunung Merapi, Merbabu, Perbukitan Menoreh, Gunung Sumbing serta perbukitan dekat Pantai Selatan.

Baca Juga : Kenapa Dinamakan Bukit Teletubbies ?

Beberapa fasilitas pendukung antara lain outobond, fishing area dimana wisatawan dapat memancing sepuasnya, dan homestay bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana bermalam di pedesaan dan membaur dengan kehidupan penduduk desa.

View this post on Instagram

Main sore 2

A post shared by Mas Bro (@bro279) on

Di desa wisata ini, wisatawan juga bisa belajar langsung bagaimana membuat jamu tradisional yang memiliki banyak khasiat.

Baca Juga : Inilah Pemenang Penghargaan Lomba Desa Wisata Dan Homestay 2019

Itulah Desa Wisata Trumpon sebuah agroturism di lereng Gunung Merapi. Cocok untuk wisata keluarga yang mencari tahu tentang salak.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like