Larangan Foto Bertiga, Mitos Atau Fakta?

JogjaUpdate.com (20/9/17), Kumpul-kumpul bersama kerabat tidak lengkap tanpa foto-foto atau selfie-selfie ria. Habis itu diuplad deh fotonya ke sosial media. Namun sempat muncul larangan foto bertiga yang merebak di masyarakat Jawa. Pernahkan kamu mendengar larangan ini? Sekedar mitos atau fakta?

Seperti diketahui masyarakat Jawa dikenal dengan kepercayaan dan mitos-mitosnya yang ditularkan dari mulut-kemulut dan dipercayai turun temurun. Lalu kenapa ada larangan foto bertiga? Menurut kepercayaan, jika foto bertiga maka yang tengah akan segera menemui ajalnya atau mati.

Sampai sekarang memang tidak diketahui pastinya asal muasal kepercayaan mengenai larangan ini. Namun berdasarkan yang dimuat HantuPedia.com, larangan ini tidak berasal dari Jawa. Melainkan dari Vietnam yang mempercayai kalau foto bertiga yang tengah akan mati karena kilat pada kamera yaitu muncul bersamaan lampu dan gas yang menyambar.

Terlepas dari kepercayaan yang muncul dari Vietnam ini, masyarakat Jawa sering menghubung-hibungkan angka. Foto bertiga ini erat dengan bilangan 3, angka yang dianggap pembawa sial oleh sebagian masyarakat Jawa. Karena ketika foto bertiga menyamai jumlah dewa, sehingga dianggap kualat dan akan mengalami nasib sial.

Seiring dengan perkembangan jaman dan semakin kuatnya ilmu agama, membuat makin banyak orang tidak mempercayai larangan ini. Dan larangan foto bertiga ini lebih pada mitos yang tidak terbukti kebenarannya. Karena sudah banyak orang foto bertiga, namun masih tetap sehat dan bahagia sampai saat ini.

Jika memang ada orang yang ditengah foto meninggal, karena memang sudah waktunya ia dipanggil Tuhan Yang Maha Esa. Namun dengan berkurangnya orang yang percaya orang di tengah akan mati, malah muncul mitos lain. Yaitu munculnya makhluk halus yang ikut berfoto. Kemunculan makhluk halus yang ikut berfoto ini apakah sekedar mitos atau fakta?

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like