7 Tempat Romantis Di Jogja Yang Harus Dikunjungi Bersama Pasangan

JogjaUpdate.com ~ Selain sebagai kota wisata, Jogja juga dikenal dengan romantismenya. Sehingga tidak susah untuk menemukan tempat romantis, mulai dari tempat wisata hingga resto. Namun kini kami kumpulkan 7 tempat romantis di Jogja yang bisa kamu kunjungi bersama pasangan atau gebetan, tapi tetap ngirit:

1. Taman Pelangi

Jika di siang hari tempat ini sangat panas, di malam hari berubah menjadi tempat romantis. Dengan hiasan beragam lampion menerangi gelapnya malam di Taman Pelangi Jogja. Di tempat ini kamu bisa menikmati gemerlapnya berbagai jenis lampion dalam beragam bentuk. Mulai dari bentuk tokoh pewayangan, tokoh kartun, Tugu Jogja, Kereta Kuda, bunga, da bermacam replika keajaiban dunia.

Berlokasikan di kawasan Monumen Jogja Kembali, Ringroad Utara. Keindahan lampion-lampion ini mampu menarik banyak muda-mudi untuk mengunjungi tempat ini. Walau agak ramai dipadati pengunjung, namun keindahan warna-warni lampion ini bisa mengangkat suasana romantismu dengan pasangan.

2. Bukit Bintang

Bukit Bintang ini menjadi tempat pilihan untuk menikmati malam dengan romantis bersama pasangan. Berderet-deret warung menyajikan beragam menu makan disini. Dengan ditemani jagung bakar atau semangkok mie instan kamu bisa menikmati kerlip lampu kota Yogyakarta, tapi lebih asik kalo ditemani pasangan sih.

Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, namun tetap ramai dikungjungi. Berlokasi di pinggir Jalan Jogja-Wonosari, perbukitan Pathuk, perbatasan antara Piyungan Kabupaten Bantul dengan Kabupaten Gunungkidul. Di tempat ini kamu bisa menikmati indahnya pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian.

3. Istana Ratu Boko

Walau agak bersusah payah menaiki anak tangga keatas, kamu tidak akan menyesal mendatangi tempat ini. Karena keindahan pemandangannya, apalagi suasana sunsetnya yang cantik. Kamu bisa menikmati keindahan sunset yang eksotis di Ratu Boko ini bersama pasangan atau gebetan kamu.

Berlokasikan di daerah Bokoharjo, Prambanan yang lumayan jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Atau tepatnya berada di jalur ke Selatan dari Candi Prambanan. Sangat disarankan untuk tidak meninggalkan lokasi ini sebelum selesai sunset. Karena suasana paling romantis di Ratu Boko ini di kala sunset.

 

4. Bukit Parang Endog

Kalau Ratu Boko menawarkan pemandangan sunset diatas kota, beda dengan tempat yang satu ini. Adalah Parang Endog atau Bukit Paralayang Parangtritis, sebuah bukit yang menawarkan pemandangan sunset dengan deretan pantai seperti Parangtritis, pantai Depok, dan Parangkusumo. Selain sunset, ternyata di Bukit Parang Endog ini kamu juga bisa menikmati sunrise di pagi buta.

Lokasi Bukit Parang Endong ini berada tepat sebelum pantai Parang Endog, sebelah Timur Pantai Parangtritis. Untuk mencapai puncak Bukit Parang Endog ini kamu harus menaiki beberapa abak tangga yang cukup melelahkan. Namun usaha kamu akan terbayar lunas dengan keindahan sunset nan romantis di tempat ini.

5. Kebun Buah Mangunan

Lagi-lagi tempat yang berada di luar Kota Yogyakarta, yaitu ada Kebun Buah Mangunan. Tempat ini menawarkan keindahan alam dengan kelokan-kelokan sungai yang kamu saksikan dari atas. Bayangkan bersantai dengan dia sambil memandang birunya langit, hijaunya perbukitan dengan hembusan angin sepoi-sepoi.

Berlokasikan di daerah Dlingo Kabupaten Bantul, akses menuju lokasi ini cukup mudah. Kamu bisa melalui Jalan Imogiri Timur ke arah Makam Raja-raja. Papan petunjuk jalan pun juga lengkap, sehingga mudah di temukan dan tidak bakal tersesat. Selain itu di sekitar sini juga banyak hutan pinus yang sejuk.

6. Kebun Teh Nglinggo

Di kebun Teh Ngliggo ini kamu bisa menikmati pemadangan khas ala kebun teh yang dikelilingi hutan pinus. Karena belum terlalu terkenal, makan belum banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Kamu dan pasangan bisa dengan puas berduaan menikmati keindahan alam ala kebun teh. Kadang juga turun kabut tipis yang membuat suasana makin romantis.

Lokasinya cukup jauh dari Kota Yogyakarta, tepatnya ada di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo. Kalau dari Kota Yogyakarta kamu bisa menuju Jalan Godean hingga perempatan Nanggulan ambil kanan. Sampai di perempatan Dekso ambil Kiri dan di Pasar Plono ambil ke Kanan. Setelah itu telah ada papan petunjuk jalan ke Desa Wisata Nglinggo.

7. Green Village Gedangsari

Lagi-lagi tempat romantis di Jogja yang berada jauh dari pusata kota. Ada Green Village Gedangsari yang belum lama dibuka sebagai tempat wisata. Green Village Gedangsari yang menyajikan pemandangan hamparan bukit hijau. Berlokasi di perbatasan DIY dengan Klaten, tempat ini cocok bagi pencari sunset dan tempat berduaan bersama pasangan.

Walaupun telah menjadi lokasi wisata, namun cukup susah untuk menemukan tempat ini. Kamu bisa melalui rute Jalan Jogja-Wonosari, sampai Sambipitu ambil kiri jalan Sambipitu-Nglipar. Kemudian ambil kiri lagi kearah Kecamatan Gedangsari, lalu terus ke Utara.

 

Resto dan Cafe

Untuk yang ini memang tidak ngirit, karena kamu harus merogoh kocek sedikit lebih dalam. Ada banyak restoran dan cafe-cafe di Jogja yang memiliki nuansa romantis sangat kental. Diantaranya ada Secret Garden Coffee and Chocolate yang berlokasi di Wirobrajan dekat SMA N 1 Yogyakarta. Lalu ada Skybar Ibis Styles Hotel di rooftop hotel Ibis Jalan Dagen No. 109.

Masih ada lagi Abhayagiri Restaurant yang tidak jauh dari Ratu Boko, tempat makan malam romantis diatas bukit. Lalu ada Restoran Canting berkelas ini berlokasikan di rooftop Mal Galeria. Kemudian ada Honje Restoran yang terletak di Jalan P. Mangkubumi ini memiliki nuansa kolonial yang sederhana namun klasik.

A post shared by Isantia (@isantiadita) on

(240217

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like