Ini Yang Terjadi Kalau Telat Ganti Busi

JogjaUpdate.com (16/04/18), Busi adalah komponen yang harus rutin diganti secara berkala. Karena busi sangatlah penting dalam proses pembakaran di dalam mesin. Lalu apa yang terjadi jika telat ganti busi? Yang pastinya akan memengaruhi dari proses pembakaran dalam mesin itu sendiri.

Baca: Kenapa Menutup Kap Mesin Mobil Harus Dibanting? Ini Jawabannya

Dengan kualitas pembakaran yang menurun, pastinya akan memengaruhi performa mesin itu sendiri. Performa mesin tidak lagi sebaik seperti seharusnya. Respon mesin yang melamban, efisiensi bahan bakar yang tidak stabil, hingga mesin kendaraan susah dihidupkan.

Tidak hanya memengaruhi performa mesin saja, telat ganti busi juga memengaruhi komponen lain. Terutama komponen-komponen pendukung dari busi tersebut. Dari karet penutup busi, kabel pengapian koil, bahkan hingga memengaruhi performa dari baterai.

Baca: 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Hendak Beli Vespa 2-Tak

Karena itulah, pengendara atau pemilik kendaraan dianjurkan untuk mengganti busi secara berkala. Jangan sampai menunggu busi mati terlebih dahulu baru diganti. Kamu pastinya tidak ingin kendaraan mogok dijalan dan kena biaya perbaikan yang lebih banyak karena permasalahan telat ganti busi.

Untuk waktu penggantian busi, kamu bisa melihat buku manual dari kendaraan yang kamu gunakan. Dalam buku manual tersebut, ada acuan kapan harus service rutin dan kapan penggantian komponen. Termasuk kapan harus ganti busi juga pasti tercantum.

Baca: Selain Kampas Habis, Ini Beberapa Penyebab Rem Mobil Blong

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like