Goa Jepang Pundong, Awalnya Ditakuti Tapi Kini Diminati

JogjaUpdate.com (13/02/2019), Mendengar nama Goa Jepang pasti identik dengan tempat menyeramkan. Namun kini, Goa Jepang Pundong malah diminati wisatawan.

Banyak yang berminat untuk mendatangi Goa Jepang Pundong ini setelah foto-foto keindahan alam sekitarnya tersebar ke media sosial.

Baca Juga : Museum RS Mata Dr. Yap, Tersimpan Sejarah Panjang Masa Lalu

Akhirnya banyak yang penasaran, dan ini mengunjungi lokasi ini. Apalagi banyak spot foto selfie di tempat yang dulu menyeramkan ini.

Beberapa spot selfie berupa bunga sepatu besar dan bulan sabit besar dengan garis pantai sebagai backgroundnya. Tak heran banyak yang ingin berfoto di sini.

Menurut visitingjogja.com, Goa Jepang Pundong merupakan salah satu peninggalan Jepang di Yogyakarta pada masa Perang Dunia II. Goa ini dibangun diatas tebing di daerah Pundong pada tahun 1942-1945.

Dulunya berfungsi sebagai tempat pertahanan dan tempat pengintaian musuh yang datang dari Pantai Selatan. Ini kenapa dari gua ini bisa terlihat jelas garis pantai Pantai Selatan.

Goa Jepang ini secara keseluruhan memiliki 18 bunker yang saling berhubungan namun memiliki fungsi yang berbeda. Ada yang difungsikan sebagai ruang pertemuan, menara pengintai, bahkan dapur.

Baca Juga : 7 Kebun Bunga Yang Instagrammable

Ada juga bunker yang berada di ketinggian sekitar 400-500 meter yang dari sini wisatawan bisa melihat pemandangan Pantai Selatan.

Lokasinya yang berada di atas tebing menawarkan pemandangan yang sangat indah bagi para wisatawan. Untuk menikmati pemandangan maupun berfoto selfie.

View this post on Instagram

It was it.

A post shared by Della (@adellyalakshita) on

Dari sini wisatawan bisa menikmati pemandangan eksotis perpaduan perbukitan-perbukitan hijau yang membentang di sepanjang pantai selatan dan indahnya laut selatan.

Lokasi Goa Jepang Pundong berjarak kurang lebih 25 km dari Kota Yogyakarta. Dari pusat kota ambil arah Jalan Parangtritis terus ke selatan sampai melewati jembatan Sungai Opak. Kira-kira 100 meter sesudah jembatan ada papan petunjuk Goa Jepang, lalu ambil kiri.

Ikuti jalan melintasi jalan Kretek Siluk kurang lebih 1 km sampai bertemu pertigaan. Dari pertigaan ambil kanan, setelah itu bisa gunakan GPS untuk menemukan lokasi atau bertanya ke penduduk sekitar mengenai lokasi Goa Jepang.

Baca Juga : 8 Museum di Jogja Yang Mungkin Belum Kamu Kunjungi

Lokasi Goa Jepang Pundong ini juga telah tersedia di Google Maps. Sehingga cukup mudah untuk menemukan lokasinya. Jika nyasar, bisa tanya warga sekitar.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like