Benarkah Jeruk Nipis dan Kecap Bisa Sembuhkan Batuk?

JogjaUpdate.com (26/9/17), Sudah sejak dulu kala masyarakat kita diwariskan resep Jeruk Nipis dan Kecap yang dipercaya bisa menyembuhkan batuk. Apakah benar resep warisan turun-menurun ini bisa mengatasi bahkan menyembuhkan batuk? Berikut ini ada penjelasan ahlinya.

Seperti diketahui, jeruk memiliki kandungan minyak atsiri dan berbagai macam zat yang bisa melemaskan otot pada saluran pernapasan. Selain itu juga berkhasiat sebagai penurun panas dan mengatasi suara serak karena tenggorokan gatal. Yang bisa saja ini menjadi gejala lain yang mengikuti batuk.

Namun menurut yang dimuat Kompas.com (25/9/17), pakar farmasi Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, M.Si, Apt. menegaskan bahwa larutan jeruk nipis dan kecap sebenarnya tidak menyembuhkan batuk itu sendiri, baik karena virus atau bakteri. Larutan ini sebenarnya hanya meredakan gejala penyertanya.

Ditambahkannya, penambahan kecap pada air jeruk hanya mengurangi keasamannya. Sehingga memudahkan dalam meminum larutan air jeruk nipis dan kecap ini. Pada dasarnya kecap tidak memiliki manfaat tertentu yang dapat digunakan meredakan batuk dan gangguan pernapasan.

Sedangkan James Steckelberg M.D, dokter dari Mayo Medical School menyatakan kalau air jeruk nipis bisa dikombinasikan dengan madu untuk meredakan batuk. karena dari beberapa penelitian menyebutkan kalau rasa manis pada madu bisa memicu produksi air liur dan lendir untuk melembabkan tenggorokan.

Untuk membuat ramuan herbal obat batuk ini, bisa dengan memeras setengah potong buah lemon lalu campur dengan air hangat sekitar 100 ml. Kemudian tuangkan 2 sendok makan madu ke dalamnya. Minum ramuan ini selagi hangat dan kamu akan merasakan khasiatnya pada tenggorokan.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like