Agar Tetap Nyaman dan Tidak Bau Apek, Jangan Malas Rawat Helm

JogjaUpdate.com (14/11/17), Helm adalah perlengkapan wajib dikenakan ketika berkendara sepeda motor. Agar tetap nyaman saat dikenakan, helm memerlukan perawatan. Apalagi ketika musim hujan tiba, jangan malas untuk rawat helm agar tidak apek.

Helm memiliki lapisan dalam berbahan busa, yang bisa dengan mudah menyerap air. Oleh karena itu, ketika habis berkendara di bawah guyuran hujan maka sebaiknya helm dibersihkan dan dikeringkan. Jika helm tidak dibersihkan, akan lembab dan bisa menimbulkan bau tidak sedap.

Helm yang lembab dan bau tidak sedap pastinya tidak nyaman untuk dikenakan saat berkendara. Pastinya kamu tidak maukan mengenakan helm yang bau, dan bisa saja baunya menempel atau berpindah ke rambut. Karena itu, jangan malas untuk rawat helm agar tidak berbau apek.

Bagaimana cara rawat helm setelah terguyur hujan? Menurut yang dimuat Kompas.com (14/11/17), bagian dalam helm yang basah karena air hujan harus dilepaskan terlebih dahulu. Kemudian bagian dalam yang terbuat dari busa ini disiram dengan air bersih. Tujuannya agar sisa air hujan tidak mengendap.

Selain dibasuh air, busa tersebut boleh disikat dengan sikat halus agar tidak rusak. Selain menyingkirkan air hujan, juga untuk membersihkan kotoran yang tertinggal dan menempel dalam busa. Setelah itu, busa helm yang basah bisa diperas lalu digantung agar kering.

Selain busa, bagian luar helm yang juga dilakukan perawatan yaitu visor atau kaca helm. Cara membersihkannya dengan menggunakan air sabun atau cairan khusus pembersih visor helm. Visor yang kotor dan tidak jernih akan mengganggu pandangan saat mengendarai sepeda motor.

Sedangkan tempurung keras bagian luar helm juga tetap dibutuhkan perawatan. Caranya sangat mudah, hanya diusap menggunakan lap agak basah lalu dikeringkan. Setelah itu bisa dilakukan pemolesan pada bagian luar helm ini menggunakan wax atau pelapis khusus.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like