5 Tips Memperlambat Kebotakan Pada Pria

JogjaUpdate.com (24/7/17), Rontoknya rambut kepala atau kebotakan merupakan masalah umum yang dialami pria. Dengan seiring bertambahnya usia, tidak sedikit pria yang mulai mengalami kebotakan. Banyak cara yang dilakukan untuk memperlambat kebotakan, dari obat-obatan hingga penanaman rambut.

Padahal masalah kebotakan ini bisa diminimalisir sejak dini, sebelum menjadi semakin parah. Dan perlu diketahui, penyebab dari kebotakan ini banyak, seperti faktor genetis, nutrisi, dan juga tingkat stres. Yang jelas membuat rambut gugur atau rontok lama-lama membentuk area kosong.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebelum rambut rontook semakin parah. Seperti yang dirilis Kompas.com, Adam Hurly, editor perawatan kesehatan pria di GQ dan Fatherly menjelaskan berikut ini yang 5 hal harus dilakukan untuk memperlambat kebotakan yang terjadi pada pria:

1. Pijat Kulit Kepala

Mungkin kamu sering menggosok kulit kepala ketika keramas, dan mendapati adanya rambut yang rontok. Itu tandanya saat keramas kamu melakukan gosokan telalu kuat hingga membuat rambut tercabut. Kamu bisa melakukan pijatan dengan menekan-nekan kulit kepala secara lembut bukan menggaruknya.

Pijatan ini bisa membuat rambut dan akarnya menjadi lebih kuat, karena memicu aliran darah ke kulit dan memperlancar pasokan nutrisi. Dengan asupan nutrisi yang cukup akan membuat rambut menjadi lebih kuat, tebal dan tidak mudah rontok. Selain itu pijatan di kepala memberi rasa nyaman dan mengurangi ketegangan.

2. Lebih Banyak Kondisioner, Sedikit Shampo

Mencuci rambut atau keramas secara teratur sangatlah penting. Namun mencucinya setiap hari akan memberi efek yang kurang baik. Karena sampo mengandung pembersih dan deterjen yang membuat rambut jadi kaku dan kehilangan minyak. Minyak disini berfungsi untuk melindungi rambut.

Sehingga keramas setiap hari bisa membuat rambut lebih rentan patah dan rontok. Maka lebih baik mencucinya setiap dua atau tiga hari sekali. Kemudian berikan kondisioner untuk memperkuat rambut. Gunakan shampo terlebih dahulu, baru berikan kondisioner untuk mengembalikan kelembutan rambut.

3. Cuci Dengan Air Dingin

Rambut yang bersih akan membuat kamu merasa lebih segar dan sehat. Namun tidak disarankan untuk membersihkan rambut dengan air panas, karena cenderung merusaknya. Mencuci rambut dengan air membuat kulit kepala menjadi kering dan membuat rambut pecah juga tidak sehat.

Karena itu gunakan air dingin untuk mencuci rambut, atau sedikit hangat bila tidak tahan dingin. Hal ini agar minyak alami di rambut tidak semuanya hilang. Minyak alami ini akan melindungi rambut dan membuatnya lebih kuat. Dengan keberadaan minyak ini bisa mencegah kerontokan rambut.

4. Pakai Minyak Rambut Yang Ringan

Bermacam jenis pilihan untuk menata rambut, dari gel, wax, minyak rambut dan produk lainnya. Namun banyak yang membebani rambut dengan pilihan produk berat seperti gel dan wax. Ketika rambut telah mununjukan tanda-tanda kerontokan, sebaiknya hindari kedua produk ini.

Jika menggunakan yang lengket memang akan mempermudah mempertahankan gaya rambut. Namun hal ini dapat menyiksa rambut lebih berat lagi. Jadi disarankan untuk memilih produk penata rambut yang lebih ringan seperti krim. Sehingga tidak memperberat beban yang harus ditanggung rambut.

5. Pakai Topi, Tapi Jangan Ketat

Topi merupakan aksesoris penutup kepala yang banyak digunakan untuk melindungi rambut. Atau ada yang sengaja menggunakan topi untuk menutupi kebotakannya. Namun pilihan topi juga harus diperhatikan, jangan pilih yang terlalu ketat menekan rambut dan kulit kepala.

Pakailah penutup kepala atau topi yang menjaga rambut tetap jatuh ke arah yang alami. Juga jangan menyibakan rambut kebelakang sebelum mengenakannya. Ini ditujukan untuk menjaga kulit kepala agar tetap bisa benafas. Sehingga kesehatan kulit kepala tetap terjaga dan kerontokan rambut tidak makin parah.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like