Inilah Bahaya Konsumsi Gula Berlebihan Bagi Kulit

JogjaUpdate.com (2/9/17), Gula merupakan bahan makanan favorit yang banyak digunakan di berbagai macam makanan. Namun yang namananya berlebihan itu pasti tidak baik, termasuk dengan gula. Dan memang konsumsi gula berlebihan ini berbahaya bagi kesehatan, termasuk kulit.

Gula memang dibutuhkan oleh tubuh, namun tidak boleh berlebihan. Tidak hanya kesehatan dalam tubuh saja yang terganggu, kulit juga bisa terganggu jika konsumsi gula berlebihan. Seperti yang dimuat Allwomanstalk, ada beberapa efek buruk pada kulit yang dipengaruhi konsumsi gula. Berikut ini diantaranya:

1. Kulit Dehidrasi

Gula bisa menghisap hampir seluruh air dari sel-sel kulit sehingga lapisan kulit terluar menjadi kering. Ini juga bisa menyebabkan kulit keriput dan kekurangan nutrisi. Untuk itu, jika mengonsumsi gula dalam kadar tinggi, usahakan untuk minum air putih lebih banyak dari sebelumnya.

2. Merusak Kulit

Konsumsi gula berlebihan juga dapat merusak kolagen yang ada di bawah kulit. Kolagen merupakan zat dalam tubuh yang membuat kulit tetap kencang. Dengan konsumsi gula berlebih dapat melemahkan fungsi kolagen sehingga kulit kehitangan elastisitasnya, yang akhirnya dapat merusak kulit.

3. Peradangan Kulit

Setelah membuat kolagen di bawah kulit menjadi kaku, gula yang menempel pada kolagen juga membuat fungsinya tidak berjalan dengan baik. Akhirnya kulit akan menjadi kendur dan muncul jerawat serta muncul tanda-tanda penuaan diri, juga bisa mengakibatkan peradangan kulit atau ruam.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like