Pertama Kali, Rute Marathon Akan Melewati Keraton

JogjaUpdate.com ~ Untuk pertama kalinya rute lari marathon akan melewati Keraton. Sekitar 3.500 peserta Malioboro Run 2023 akan melintas jalanan seputar Kota Yogyakarta pada 29 Oktober 2023.

Bank BPD DIY bersiap menggelar kembali Malioboro Run 2023 dengan konsep Running With Memories of Jogja. Event marathon yang tahun lalu sukses dilaksanakan, pada tahun ini akan mengambil rute ikonik Kota Yogyakarta, seperti Malioboro, Benteng Vrederburg, titik nol kilometer, Keraton Yogyakarta dan kawasan heritage Kota Baru.

3.500 pelari ditargetkan ikut serta dalam event Malioboro Run 2023 dengan titik awal dan akhir di Kantor DPRD DIY. Berbeda dengan tahun lalu, Malioboro Run 2023 menghadirkan kategori baru yakni kategori Half Marathon (21 km). Sehingga secara keseluruhan Malioboro Run 2023 akan terdapat empat kategori yaitu Half Marathon (21K), 10K, 5K dan Kid Dash.

Baca juga:
Nandur Srawung X Kembali Digelar Di Taman Budaya Yogyakarta
1000 Penari Siap Pecahkan Rekor di Malioboro Menari
Peneliti Jogja dan Australia Kampanyekan Efek Perubahan Iklim dan Kesehatan Reproduksi Melalui Wayang

Malioboro Run 2023 menyediakan total hadiah sebesar 104,75 juta rupiah untuk berbagai kategori. Kategori Half Marathon 21K Juara I pria dan wanita mendapatkan Rp 10 juta, Juara II Rp 7,5 juta, Juara III mendapatkan Rp 5 juta. Untuk kategori Half Marathon 10K Juara I pria dan wanita mendapatkan Rp 7,5 juta. Untuk Juara II Rp 5 juta dan Juara III mendapatkan Rp 2,5 juta. Selain itu ada kategori Half Marathon 5K, untuk Juara I pria dan wanita mendapatkan hadiah Rp 5 juta, Juara II Rp 2,5 juta dan Juara III mendapatkan Rp 1,5 juta. Kategori Kid Dash untuk Juara I pria dan wanita mendapatkan Rp 1 juta, Juara II Rp 750 ribu dan Juara III mendapatkan Rp 500 ribu. Kategori lainnya adalah peserta dengan kostum terunik dengan total hadiah kurang lebih Rp 7,3 juta.

Pendaftaran mulai dibuka pada tanggl 17 Agustus 2023 pukul 10.10 WIB di website maliobororun.id dengan pembayaran menggunakan QRIS. Untuk 200 pendaftar pertama akan mendapatkan potongan harga sebesar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu.

Untuk memberikan rasa nyaman, nantinya para peserta Malioboro Run 2023 akan finish maksimal pada pukul 09.00 WIB.
“Untuk jarak tempuh 21 kilometer ini nantinya membutuhkan waktu lebih banyak sehingga, peserta kategori Half Marathon 21K akan start lebih awal”, jelas Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad saat Pers Conference Malioboro Run ‘Running with Memories Of Jogja’ 2023 di depan Digital Lounge BPD DIY Malioboro, Rabu (16/8/2023).

“Malioboro Run digagas sebagai upaya mengenalkan budaya, khususnya di Yogyakarta, melalui sport tourism yang diharapkan juga ikut mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Bank BPD DIY menargetkan 3.500 pelari ikut dalam gelaran Malioboro Run 2023”, lanjut Santoso

Baca juga:
12 Tempat Wisata Di Kulonprogo Yang Seru
Tahukah Kamu Kalau Ada Candi Sojiwan di Prambanan
Tips Optimalkan Kamera Saat Traveling
Istilah Khas Jogja Yang Sering Bikin Bingung Wisatawa
n

Sementara itu di tempat yang sama, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo berharap, event Malioboro Run menjadi event berkelas Internasional. “Malioboro Run ini sport tourism, ditujukan untuk wisatawan minat khusus. Pastu akan menimbulkan multiple effect tidak hanya di Kota Jogja, pastinya juga berdampak pada hotel, moda transportasi, oleh-oleh, sehingga diharapkan bisa memberikan dampak ekonomi.”

“Tidak hanya sport tourism saja yang dipromosikan tetapi juga kultur yang ada di Kota Yogyakarta menjadi daya tarik Malioboro Run 2023. Saya berharap, nantinya ini menjadi event berkelas internasional dan secara konsisten dilaksanakan setiap tahunnya”, lanjut Singgih.

Ditargetkan event Malioboro Run 2023 ini akan diikuti 40% peserta dari luar DIY. Sehingga bisa memberikan multiplier efek di sektor pariwisata.
(170823/23)

dhwSeng on InstagramdhwSeng on Tumblr
dhwSeng
Adminnya JogjaUpdate

dhwSeng

Adminnya JogjaUpdate