Jangan Terlalu Lama, Ada Batas Waktu Menyimpan Daging Dalam Kulkas

JogjaUpdate.com (29/8/17), Daging sapi ada yang dijual dalam kondisi segar habis disembelih, dan ada yang kondisi beku atau chilled dan fozen. Yang pada dasarnya, chilled meat merupakan daging segar yang dibekukan pada suhu antara minus 2 derajat celcius sampai 2 derajat celcius.

Sedangkang untuk frozen meat, adalah daging segar yang dibekukan pada suhu dibawah minus 15 derajat celcius. Walaupun sama-sama dibekukan, daging frozen maupun chilled ini tetap ada batasan waktu penyimpanannya. Untuk itu perlu diperhatikan waktu menyimpan daging dalam kulkas.

Masing-masing jenis juga memiliki lama maksimum waktu menyimpan daging dalam kulkas. Beda jenis daging, akan beda pula ketahanannya untuk disimpan. Berikut ini adalah waktu penyimpanan untuk masing-masing jenis daging menurut yang dimuat Liputan6.com (29/8/17):

  • Sosis home made tanpa pengawet, daging cincang, daging irisan tumis, daging irisan dadu, minute steak irisan tipis dapat disimpan sampai dua hari.
  • Untuk steak dan daging panggang atau roast dapat disimpan 2 hingga 3 hari.
  • Corned beef atau daging corned segar bukan kalengan dapat disimpan seminggu.
  • Daging dalam kemasan kedap udara yang belum dibuka dapat disimpan 4 hingga 6 minggu.

Tips Menyimpan Daging Dalam Kulkas

Untuk menyimpan daging dalam kulkas, pastikan dikemas secara rapat dan tidak ada cairan yang keluar dari kemasan. Sentuh bagian atas kemasan untuk memastikan daging masih dalam kondisi dingin. Selalu perhatikan tanggal kadaluarsa yang tertera. Mengonsumsi daging paling baik adalah sebelum tanggal kadaluarsa.

Ketika belanja di supermarket, mulailah dengan mengambil barang belanjaan selain makanan terlebih dahulu. Daging adalah barang terakhir yang kamu ambil dan dimasukan ke dalam keranjang bawaan. Setibanya dirumah, segera masak daging tersebut atau masukan ke dalam kulkas jika ingin disimpan.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like