Hampir Tewas Karena Minum Kopi Sampai 300 Cangkir

JogjaUpdate.com ~ Dua orang mahasiswa dikabarkan hampir tewas karena kelebihan dosis kafein yang setara sampai 300 cangkir kopi. Keduanya adalah Alex Rossetto dan Lukas Parkin, mahasiswa olahraga asal Inggris yang sekarat karena kebanyakan dosis kafein.

Menurut yang dirilis health.kompas.com, kedua mahasiwa ini awalnya mengajukan diri sebagai relawan untuk penelitian yang diadakan Northumbria University, Inggris. Dimana penelitian ini meneliti tentang efek kelebihan kafein, namun malah berarkhir tragis.

Akibat kesalahan perhitungan, pemberian dosis pada kedua orang ini menjadi 100 kali lipat dari yang seharusnya diberikan. Peneliti memberikan 30 gram kafein, atau setada dengan 300 cangkir kopi. Padahal seharusnya dosis yang diberikan adalah 0,3 gram saja.

Akhirnya kedua orang mahasiswa ini harus dilarikan ke rumah sakit. Akibat overdosis kafein ini, berat badan Alex dilaporkan turun sampai 12 kg. Lebih parahnya dia juga mengalami kehilangan memori jangka pendek. Sedangkan Lukan mengalami penurunan berat badan sampai 10 kg.

Kasus ini merupakan kecelakaan yang tidak disengaja karena kelalaian sang peneliti. Peristiwa ini membuat pihak kampus yang melakukan penelitian pun mendapat hukuman denda.

Overdosis Kafein

Apakah seseorang bisa mengalami overdosis kafein? Menurut yang dirilis health.com, seorang peneliti dari Johns Hopkins University School of Medicine, Maggie Sweeney, PhD mengatakan, kemungkinan terjadi insiden overdosis kafein yang menyebabkan kematian sangat kecil.

“Akan sangat sulit mendapatkan dosis kafein yang bisa sampai mematikan melalui konsumsi kopi,” kata Maggie. Tambah Maggie, sejauh ini orang dewasa rata-rata masih aman sampai dengan konsumsi 400 mg kafein sehari atau sekitar 4 cangkir kopi.

Jika terlalu banyak kafein, seseorang dimungkinkan mengalami efek negatif, diantaranya seperi: gelisah, gugup, wajah memerah, insomnia, detak jantung tidak teratur, masalah pencernaan, berkedut, cepat marah, hingga lambat berpikir dan berbicara.

Namun sampai saat ini belum ada penelitian yang bisa membuktikan berapa dosis aman sesorang yang bisa diterima seseorang. Hal ini dikarenakan masing-masing orang memiliki ketahanan tubuh dan metabolisme yang berbeda-beda.

Walau belum ada standarisasi berapa gram kafein yang bisa diterima, kamu tetap harus mawasdiri. Jangan sampai kamu hampir tewas karena minum kopi kebanyakan. Minumlah kopi secukupnya saja, karena apapun yang berlebihan itu tidak baik. (310117)

sumber: health.kompas.com/read/2017/01/30/202945123/mahasiswa.hampir.tewas.setelah.konsumsi.300.cangkir.kopi

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like