Durian Kencono Rukmi Si Emas Dari Gunungkidul Yang Rendah Kolesterol

JogjaUpdate.com ~ Jika berkunjung ke Kabupaten Gunungkidul, tepatnya di Kecamatan Patuk, akan banyak dijumpai penjual durian. Tapi tahukah jika ada durian lokal Gunungkidul bernama Kencono Rukmi yang diklaim rendah kolesterol?

Durian adalah buah yang sangat populer di Asia Tenggara. Banyak yang suka, namun tidak sedikit yang membencinya. Mengenai durian, ada jenis durian lokal dari Gunungkidul yang unik namanya durian Kencono Rukmi.

Durian Kencono Rukmi ini diklaim cocok untuk penderita hipertensi karena rendah kolesterol. Selain itu durian dari Gunungkidul ini juga nyaris tidak mengandung alkohol dan aromanya tidak begitu menyengat. Walaupun demikian, durian ini tetap memiliki rasa yang manis dan legit.

Baca juga:
Kenapa Bau Durian Sangat Tajam? Ini Penjelasan Ilmiahnya
Meski Enak, Jebul Ada Dampak Buruk dari Kebanyakan Makan Durian
Beragam Tanggapan Warganet Melihat Durian Digunduli
3 Cara Mudah Mengatasi Mual Karena Durian

Sekilas, durian ini mirip buah lai asal Kalimantan. Selain rasanya yang manis dan legit, Durian Kencono Rukmi ini kadar airnya sangat rendah dan dagingnya sangat padat dan memiliki penampilan menarik.

Yang menjadi ciri khas tampilannya adalah warna kuning keemasan pada dagingnya. Pastinya menarik perhatian bagi para pencinta buah yang disebut sebagai King Of Fruit atau raja buah ini.

Sayangnya durian yang menjadi kebanggan masyarakat Gunungkidul ini tak banyak dijual pedagang karena memang pohonnya sudah jarang.

Menurut Kompas.com (10/11/17), setiap bulan November, pohon durian di kecamatan Patuk berbuah lebat. Namun keberadaan durian ini sangat langka, perbandingan dengan 1:10 dibanding durian biasa.

Baca juga:
Cara Mengolah Petai Agar Tidak Bau
Sering Merasa Kembung Setelah Makan Daging? Ini Penyebabnya
Habis Makan Daging? Ini 5 Buah yang Bantu Jaga Kolesterol Tidak Naik
Minuman Khas Jogja Yang Membuat Ketagihan

Nama Kencono Rukmi diberikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan nama varietas diresmikan akhir 2012 setelah mendapat Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Pertanian yang menetapkan Kencono Rukmi menjadi merek durian Gunungkidul.

Nah, bagi yang suka durian dan ingin makan durian tetapi takut kolesterolnya naik bisa makan Durian Kencono Rukmi ini. (131121)

 

 

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like