6 Bahan Makanan Yang Sebaiknya Jangan Disimpan di Kulkas

JogjaUpdate.com (17/12/17), Kulkas memang diciptakan sebagai tempat menyimpan bahan makanan agar terjaga kesegarannya. Suhu dingin kulkas dapat membuat makanan lebih tahan lama dan terjaga kondisinya. Namun ada beberapa bahan makanan yang sebaiknya jangan disimpan di kulkas.

Berikut ini ada 6 kelompok bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas:

1. Bawang dan Daun Kemangi

Suhu dingin dapat membuat bawang merah dan putih menjadi cepat rusak dan busuk. Simpan saja di tempat terbuka, jangan disimpan di kulkas. Selain itu, jika disimpan di kulkas, bawang akan mengeluarkan bau yang semakin kuat dan mengkontaminasi makanan lain.

Sedangkan daun kemangi akan mudah layu dan kehilangan aroma juga rasanya jika disimpan dalam kulkas. Untuk menyimpan daun kemangi, bisa direndam bagian bawah batangnya dengan segelas air dan disimpan di dalam suhu ruangan.

Baca: Kulkas Bau? Atasi Dengan Cara Ini

2. Kentang dan Tomat

Tidak seperti buah dan sayuran lain, suhu dingin kulkas akan membuat kentang lembab dan cepat busuk. Kentang sebaiknya disimpan di tempat terbuka dan jangan bersebelahan dengan bawang merah atau putih.

Sedangkan tomat, jika disimpan dalam kulkas akan cepat matang dan tidak segar lagi. Karena tomat tidak bertahan lama, sebaiknya segera gunakan tomat untuk masakan.

3. Melon, Alpukat, Beri dan Pisang

Tidak semua buah-buahan baik disimpan dalam kulkas. Beberapa buah seperti melon, alpukat, beri dan pisang akan lebih baik diletakkan di ruang terbuka. Seperti melon utuh, jika disimpan dalam kulkas akan menghilangkan sifat aktioksidan. Untuk buah beri, akan cepat mengering di dalam kulkas.

Beberapa jenis pisang akan cepat berubah warna jika disimpan dalam kulkas. Ada yang langsung muncul bintik-bintik setelah dikeluarkan dari kulkas. Lebih baik simpan pisang di suhu ruangan untuk menjaga kondisinya. Sedangkan alpukat yang masih mentah, jika disimpan dalam kulkas akan memperlambat proses pematangannya.

Baca: Cara Menyimpan Pisang Agar Awet Dan Tidak Cepat Menghitam

4. Saus dan Rempah-rempah

Rempah-rempah alami tidak membutuhkan pendingin, cukup di simpan di suhu ruangan untuk menjaga kualitas dan rasanya. Sementara untuk saus, jika ditaruh dalam kulkas akan mengurangi kualitasnya rempah yang terkandung di dalamnya. Juga akan mempercepat pembusukan dari saus tersebut.

5. Madu dan Minyak

Suhu dingin dalam kulkas bisa membuat madu menjadi lebih pekat, mengeras, bahkan mengkristal. Selain itu juga bisa menghilangkan beberapa nutrisinya. Begitu juga dengan minyak, baik minyak zaitun atau minyak goreng akan menjadi keruh dan mengental karena suhu dingin.

6. Roti

Roti akan mengeras jika disimpan pada kulkas yang bersuhu dingin. Cukup disimpan dalam suhu ruangan dengan plastik pembungkusnya saja. Selain itu jika disimpan dalam kulkas, akan membuat kita mudah lupa tanggal kadaluarsa dari roti tersebut.

Baca: Inilah Makanan Yang Tanpa Disadari Sering Kadaluarsa Di Kulkas

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like