Tips Ampuh Mandraguna Biar Juara Lomba Tujuh Belasan

JogjaUpdate.com (16/7/17), Setiap bulan Agustus, pasti ramai berbagai macam kegiatan menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Di kampung-kampung maupun lingkungan, digelar beragam lomba-lomba diadakan dengan memperebutkan hadiah. Namun bisakah kamu juara lomba Tujuh Belasan?

Lomba-lomba ini digelar untuk sekedar memeriahkan Tujuh Belasan atau Agustusan agar semarak. Namun tidak sedikit ada yang mengikutinya dengan serius karena alasan gengsi dan harkat martabatnya. Untuk itu, pasti berusaha sebisa mungkin menjadi juara lomba Tujuh Belasan.

Berikut ini ada tips agar bisa juara lomba Tujuh Belasan:

1. Kenali Kemampuan Diri

Jangan sembarangan mengikuti semua cabang lomba Tujuh Belasan. Pilih-pilihlah mana yang memang cocok sesuai dengan bakat dan kemampuan yang kamu miliki. Lebih baik mengikuti sedikit lomba, namun dengan hasil yang maksimal. Daripada ikut semua namun akhirnya kehabisan energi dan gagal karena kecapean.

2. Latihan

Tidak ada salahnya mempersiapkan diri sebelum mulai lomba dengan latihan di rumah. Setelah menentukan lomba apa saja yang ingin diikuti, persiapkan apa saja yang diperlukan dan berlatihlah. Apalagi biasanya lomba-lomba ini hanya menggunakan peralatan yang mudah ditemukan disekitar, jadi tidak susah cari alat latihan.

3. Konsentrasi, Fokus Pada Tujuan

Jangan sampai hilang konsentrasi karena bakal banyak pengalih perhatian selama lomba berlangsung. Bisa dari sorak sorai penonton, atau mungkin kemunculan tetangga sebelah yang sedang digebet. Apapun lomba yang kamu ikuti, fokuslah pada tujuannya yaitu kemenangan atau hadiahnya.

4. Sediakan Alat Khusus Bila Boleh

Beberapa perlombaan sepeti lari kelereng, dandan dengan mata tertutup dan sepak bola sarung biasanya diperbolehkan menggunakan alat milik sendiri. Manfaatkan menggunakan alatmu sendiri yang sekiranya merasa lebih nyaman dan lebih terpercaya. Jangan pakai bekas orang, apalagi sendok untuk lari kelereng dan sarung untuk sepak bola. Hiii jangan dibayangkan!!

5. Jangan Percaya Kekuatan Super Seperti Di Film

Gunakanlah kemampuan dan kekuatan dalam diri yang kamu punya untuk memenangkan perlombaan. Nmaun kamu harus ingat, kamu bukan manusia super atau pun Avatar penguasa lima elemen, kamu hanya orang biasa saja. Semua itu hanya ada di film-film saja, tidak ada di dunia nyata.

6. Tidak Perlu Pakai Klenik

Seperti kekuatan super, kamu juga tidak usah pakai kekuatan klenik. Tidak perlu pakai ajian atau jimat segala untuk memenangkan perlombaan Tujuh Belasa. Apalagi harus ke dukun dan menjalani ritual puasa terlebih dahulu. Mendingan latian saja, asah kemampuan sebelum berlomba.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like