Ini 6 Kebiasaan Yang Mebuat Awet Muda

JogjaUpdate.com (14/9/17), Bertambah usia dan menjadi tua memang sesuatu yang tidak bisa dihindari. Dari penampilan fisik yang makin terlihat tua hingga keterbatasan kemampuan, menjadi bagian dari dampak penuaan. Namun ada lho beberapa orang yang masih terlihat awet muda dibandingkan seusianya.

Ada beberapa yang mengatasi penuaan ini dengan cara macam-macam, dari kosmetik, obat-obatan, krim bahkan sutik dan bedah plasktik. Padaha ada beberapa kebiasaan yang dapan digunakan untuk mencegah dampak buruk bertambahnya usia. Kebiasaan-kebiasaan yang akan membuatmu tetap terlihat awet muda walaupun usia bertambah.

Berikut ini ada 6 kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mencegah penuaan dini seperti yang dimuat Kompas.com (13/9/17):

1. Lindungi Dari Matahari

Sinar matahari baik untuk kesehatan, namun dalam jumlah berlebihan dapat merusak kulit. Karena itu lindungi kulit dengan menggunakan tabur surya dan pakaian yang tepat saat beraktivitas di luar ruangan. Yang pastinya lindungi kulit dari terpaan sinar matahari secara berlebihan.

Menurut Joshua Zeichner, M.D., direktur riset kosmetik dan klinis di Mount Sinai Hospital, sinar ultraviolet bisa merusak kolagen, elastin, dan sel kulit. Hal ini dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit seperti munculnya kerutan, bercak hitam, dan bisa memicu munculnya kanker.

2. Cukup Tidur

Tidur bukan cuma menyegarkan badan, namun juga membantu untuk terlihat awet muda. Karena kulit juga ikut bekerja mengikuti irama tubuh, seperti halnya tubuh merasakan kantuk di malam hari, dan kembali segar saat bangun tidur di pagi hari. Saat tidur terlelap pun, kulit juga ikut memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Dengan kata lain, jika kurang tidur, proses peremajaan pada kulit tidak akan berjalan sempurna. Juga kulit seolah tidak siap menghadai hari berikutnya. Ini juga membuat kulit mengalami stres, sel-selnya kurang seha, dan akhirnya menjadi tua lebih cepat. Dr. Zeichner juga menyarankan pemberian pelembab wajah untuk meminimalisasi dampak dehidrasi saat tidur.

3. Makan Buah Dan Sayur

Berdasarkan studi dari American Academy of Dermatology, disebutkan kalau makanan sehat terdiri dari buah dan sayuran dapat mencegah kerusakan kulit atau penuaan sebelum waktunya. Hal ini karena buah dan sayur mengandung banyak nutrisi seperti antioksidan dan vitamin yang membantu memerangi kerusakan.

Riset menunjukan bahwa vitamin E bisa melindungi kulit dari kerusakan akhibat sinar ultraviolet dan mengurangi peradangan. Sedangkan vitamin A, C, dan B3 berfungsi mencegah kerusakan kolagen, memperhankan elastisitas, dan mengurangi hiperpigmentasi. Semua ini bisa didapatkan dari sayuran hijau dan buah-buhan berwarna-warni.

4. Kurnangi Gula

Makanan manis seperti donat, kue tart, es krim dan minuman bersoda bisa jadi pemicu masalah pada wajah. Hal ini karena makanan tersebut meningkatkan kadar gula dalam darah dan bisa memicu peradangan juga munculnya jerawat. Jerawat yang terus menempel muncul bisa menyebabkan bekas permanen dan membuat kolagen kulit rusak.

Selain itu, makanan terlalu banyak gula akan menyebabkan glikasi atau proses molekul gula menempel pada kolagen di kulit. Hal ini bisa membuat kulit mengeras dan kurang elastis, sehingga bisa memicu munculnya kerutan. Dan pastinya dengan munculnya kerutan bisa membuat lerlihat tua.

5. Berhenti Merokok

Asap rokok tidak hanya menyakiti paru-paru, namun juga kulit. Menurut riset yang dipublikasikan Plastic and Reconstructive Surgery merokok dapat menyebabkan tampak terlihat lebih tua dengan cepat. Bukan hanya bagian wajah, namun juga kulit bagian tubuh lain mengalami keriput.

Kenapa demikian? Karena merokok dapat mengurangi pasokan oksigen dan nutrisi ke kulit juga bagian tubuh lainnya. Hal ini bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga peredarannya terganggu. Selain itu rokok juga membuat area mulut dan gigi menghitam.

6. Kurangi Minuman Beralkohol

Meski ada penelitian, beberapa minuman beralkohol seperti anggur bermanfaat bagi kesehatan. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih akan menimbulkan dampak sebaliknya. Menurut riset, alkohol bisa menurunkan antioksidan dalam kulit sehingga mempermuah ternadinya peradangan dan kerusakan.

Alkohol juga cenderung membuat kulit kering sehingga wajah terlihat kasar dan kusam. Jika diminum dalam jumlah banyak, alkohol bisa memicul kanker, kerusakan hati dan jantung. Belum lagi, jika dalam kondisi mabuk karena alkohol tidak ada seorangpun yang terlihat ganteng atau cantik.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like