Pohon Yang Tidak Boleh Ditanam Di Depan Rumah Menurut Mitos

JogjaUpdate.com (1/3/17), Orang Jawa tidak pernah lepas dengan mitos-mitos pantangan untuk tidak ini itu. Termasuk ada beberapa pohon yang tidak boleh ditanam di depan rumah. Karena beberapa pohon dianggap memberi dampak buruk pada orang yang tinggal dirumah tersebut. Mau percaya atau tidak itu terserah kamu, dan berikut ini daftar pohonnya:

1. Beringin

Sudah banyak diketahui kalau pohon Beringin itu sangat bertuah dan kental dengan mistis. Pohon Beringin juga dipercayai menjadi tempat tinggal banyak mahkluk halus. Namun kamu juga tidak dianjurkan untuk menebang Pohon Beringin, juga tidak boleh mengencinginya. Karena dipercaya mahkluk halus yang menaungi pohon ini menjadi marah.

 

2. Pisang

Menurut mitos, pohon Pisang juga menjadi tempat kesukaan mahkluk halus berdiam. Banyak orang mengkait-kaitkan pohon Pisang dengan mahkluk halus Pocong yang suka mendiaminya. Pohon Pisang juga dipercaya memberikan energi negatif kepada rumah yang bisa berdampak kepada penguhuni rumah.

 

3. Bugenvil

Warna bunga Bugenvil memang dikenal cantik dan cerah, sehingga terlihat menarik. Namun ternyata menurut mitos, menanam pohon bunga Bugenvil di depan rumah membuat bapak atau anak laki-laki jadi tidak betah di rumah. Dan menurut mitos lainnya, salah satu penghuni rumah bakal susah mendapatkan jodoh.

 

4. Pepaya

Sama halnya dengan pohon Pisang, Pohon Pepaya juga dipercaya menjadi tempat bernaung mahkluk halus. Menurut mitos laing, pohon Pepaya juga mendatangkan kesialan bagi penghuni rumah. Selain itu akar pohon Pepaya juga dapat merusak pondasi rumah, dan pohonnya dipercaya mudah rubuh.

 

5. Anggur

Menurut kepercayaan masyarakat, pengusaha atau pedagan tidak diperbolehkan menanam Anggur di rumah mereka. Karena menurut mitos menam Anggur di rumah dapat mendatangkan kebangkrutan pada usaha. Hal-hal buruk yang menimpa kebanyakan adalah persoalan keuangan dan pekerjaan.

 

6. Cabe

Walaupun harganya tengah melambung dan digalakan untuk menanam dirumah, namun Cabe tidak dianjurkan. Menurut banyak mitos, menanam cabe di depan rumah membuat hawa dirumah menjadi panas. Dipercaya juga dapat membawa perselisihan sesama anggota keluarga yang tinggal di rumah.

 

7. Nangka

Sama halnya dengan beringin, pohon Nangka juga dikenal memiliki aura mistis. Kondisinya yang rimbun dan teduh membuat pohon Nangka makin terlihat singup. Dan menurut mitos, pohon Nangka juga disukai oleh mahkluk halus sebagai tempat berdiam. Selain itu ada juga cerita-cerita mengenai bunyi buah Nangka yang jatuh, pas mau diambil langsung berubah jadi kepala.

 

Mitos

Mau mempercayai atau tidak mitos tentang pohon yang tidak boleh ditanam si depan rumah, terserah kamu. Yang pasti kalau kamu punya pohon di depan rumah atau di mana pun seharusnya tetap dirawat. Jangan dibiarkan terbengkalai atau bahkan sampai mati kekeringan.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like