Njajal Mie Ayam Pak Ali Jl Karanglo Kotagede

JogjaUpdate.com (16/06/18), Mie ayam memang bukan makanan khas Jogja, tapi digemari masyarakat. Baik yang asli Jogja maupun pendatang sangat menggemari mie ayam.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Mie Ayam Di Jogja Yang Paling TOP

Kali ini, JogjaUpdate mencoba sebuah warung mie ayam yang tidak begitu terkenal. Adalah warung Mie Ayam Pak Ali, yang berlokasikan di Jl Karanglo, Kotagede, Yogyakarta.

Lokasinya mudah kok, dari persimpangan Kantor Pos Kotagede ke arah Timur. Sampai studio foto Pelangi (Selatan jalan) ke Timur lagi beberapa puluh meter (arah Ringroad Ngipik).

Warungnya sederhana berwarna hijau berada di Utara jalan, sebelah konter pulsa. Kalau sampai gapura batas kota, brati keblabasan, putar balik saja.

Baca Juga: Rekomendasi Mie Ayam Di Jogja Dari Warganet

Dulu sebelahnya ada sate kambing, sekarang jadi warung. Sate kambingnya pindah ke belakang (masuk gang).

Warung Mie Ayam Pak Ali ini sebenarnya sudah lama berdiri, bahkan sejak awal tahun 2000an. Sudah terjadi banyak perubahan di mie ayamnya, tapi warungnya masih gitu-gitu saja.

Menu yang disajikan sendiri sudah banyak peningkatan dibanding jaman dulu waktu awal buka. Sudah banyak variasi dan makin baik penyajiannya.

Untuk mie ayamnya sendiri model njawani yang mie dan kuah nyampur, tidak dipisah. Tapi rasanya tidak terlalu manis, cenderung asin dan segar tidak seperti mie ayam njawani pada umumnya.

Rasa yang lebih asin ini cocok berpadu dengan potongan daun bawang. Untuk penggemar daun bawang, pasti puas. Karena disediakan semangkuk penuh potongan daun bawang di atas meja. Bebas ambil sendiri, digado juga boleh.

Untuk mie yang digunakan adalah buatannya sendiri, bukan beli jadi di pasar. Kalau tidak percaya bisa lihat langsung pembuatannya di belakang warungnya.

Potongan mienya cenderung kecil-kecil, tapi jangan salah sangka. Biar kecil, tapi mienya padet berisi. Makan seporsi mie ayam di sini cukup mengenyangkan.

Mie ayam di sajikan dengan dua butir pangsing goreng, yang sepertinya beli jadi bukan buatan sendiri.

Untuk harga, sangat murah. Satu porsi mie ayam dihargai cuma Rp 7 ribu saja, untuk mie ayam bakso Rp 9 ribu. Minumannya tidak kalah murah, es jeruk cuma Rp 1.500,-

Kapan lagi makan kenyang cuma dengan 7 ribu, enak pula.

Baca Juga: Sejarah Kipo, Jajanan Tradisional Khas Kotagede

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like