Perbedaan Tahu Kupat, Kupat Tahu, dan Tahu Guling

JogjaUpdate.com (15/9/17), Tahu yang berasal dari olahan kedelai ini menjadi bahan dari banyak masakan. Yang banyak ditemukan di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta adalah Tahu Kupat, Kupat Tahu, dan Tahu Guling. Namun sayangnya, tidak sedikit orang bisa membedakan ketiga kuliner tersebut.

Bagi sebagian orang yang tidak tahu, ketiganya seperti sama saja dan tidak ada bedanya. Sebenarnya memang mirip diantara Tahu Kupat, Kupat Tahu, dan Tahu Guling tapi tidak bisa disamakan. Asal daerahnya pun berbeda-beda, Tahu Guling khas Yogyakarta, Kupat Tahu khas Magelang, sedangkan Tahu Kupat khas Solo.

Dari beberapa ciri khas berikut ini, kamu seharusnya bisa membedakan mana Tahu Kupat, Kupat Tahu, dan Tahu Guling:

1. Kupat Tahu

Kupat Tahu adalah menu kuliner tradisional khas Magelang yang berbahan dasar ketupat, tahu yang telah digoreng, dan juga bumbu kacang. Kemudian Kupat Tahu khas Magelang ada tambahan irisan kol, tauge, bakwan, dan mi. Kupat Tahu menggunakan tahu putih yang digoreng, dan bumbu kacangnya ditumbuk kasar.

2. Tahu Kupat

Tahu Kupat khas solo ini memang agak mirip-mirip dengan Kupat Tahu Khas Magelang. Sama-sama berbahan dasar ketupat dan tahu putih yang telah digoreng. Tambahannya juga sama berupa irisan kol, tauge, bakwan dan mi. Bedanya adalah kuahnya coklat bening kehitaman dengan tabuhan kacang goreng utuh.

3. Tahu Guling

Sekilas agak mirip dengan Tahu Kupat dan Kupat Tahu, namun setelah dibuka-buka akan menemukan banyak perbedaan. Tahu Guling khas Yogyakarta ini berbahan dasar sama yakni ketupat, tahu yang digoreng, dengan tambahan kol, tauge, dan bakwan. Bedanya Tahu Guling ada tambahan tempe goreng, sedangkang kuahnya hitam bening kecoklatan dan tidak ditambahi kacang.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like