Ini 6 Tanda-tanda Rumah Berhantu

JogjaUpdate.com (15/3/17), Banyak yang meyakini dunia tempat kita hidup ini berdampingan dengan dunia roh. Bahkan rumah yang kita huni bisa saja menjadi tempat bernaung dari roh atau hantu. Lalu bagaimana cara mengetahui sebuah rumah berhantu atau tidak? Ternyata banyak tokoh dan peneliti telah mengkaji secara ilmiah.

Seperti pasangan Ron dan Nancy Stalling pendiri The Maryland Committe for Psychical Research yang yang menginvestigasi kejadian-kejadian paranormal diratusan rumah sejak tahun 1965. Berdasarkan pengalaman kedua pemburu hantu yang dimuat di buku Misteri Hantu Dunia, berikut ini tanda-tanda rumah berhantu:

1. Perasaan Aneh

Terkadang rumah bisa membuat persaan aneh orang yang memasuki seperti gelisah atau atmosfernya terasa berat. Atau kamu bisa merasakan adanya perubahan suhu mencolok pada ruangan tertentu yang lebih dingin dibanding ruangan lain. Hal ini disebabkan oleh hantu yang menyerap energi disekitar untuk menunjukan eksistensinya.

2. Suara-suara Aneh

Sering terdengan suara-suara aneh misal ketukan dinding dalam kelipatan tiga, seperti tiga kali, enam kali atau sembilan kali ketukan. Bisa juga terkadang terdengar suara-suara aneh lainnya seperti langkah kaki, suara pintu atau jendela yang terbuka maupun menutup. Bahkan kadang tiba-tiba bisa muncul suara musik, gelas pecah hingga bel berdering.

3. Bau-bauan Tidak Biasa

Aroma atau bau-bauan tertentu sering menjadi pertanda kehadiran hantu atau roh halus dan sejenisnya. Misalnya bau bunga-bungaan, parfum, wewangian, bau manis. Dan sebagian hantu yang negatif dan pengganggu menunjukan eksistensinya menggunakan tidak enak seperti bau busuk.

4. Benda Bergerak

Terkadang ada benda-benda yang tiba-tiba berpindah atau bergeser dari tempatnya. Misal peralatan makan yang jatuh sendiri atau kursi yang bergeser hingga berpindah tempat sendiri. Bahkan kadang lampu yang tiba-tiba bisa padam atau menyala sendiri. Hingga di dalam rumah terasa seperti gempa bumi ringan.

5. Perilaku Hewan Peliharaan Yang Aneh

Beberapa hewan peliharaan dipercaya mampu merasakah keharidan sosok hantu, anjing misalnya. Anjing bisa tiba-tiba menggonggong atau meringkuk tanpa sebab dipercaya muncul sosok hantu yang tidak ramah. Tapi jika yang hadir adalah hantu yang ramah, anjing akan mengibas-ibaskan ekornya dan duduk dengan tenang seolah ada yang membelai-belai.

6. Penampakan

Penampakan adalah bukti yang paling meyakinkan bahwa rumah ini berhantu, apalagi sampai terekam dalam suara atau gambar. Biasanya penampakan akan nampak jelas atau terlihat samar-samar. Bisa berupa bola berkabut dan bekilauan, sosok bayangan melayang di udara, hingga cahaya berkelap-kelip.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like