Mitos Tengah Malam Mendengar Suara Drumband Di Jogja

JogjaUpdate.com (9/3/17), Bagi orang Jogja, mendengar cerita suara drumband tengah malam memang sudah tidak asing lagi. Bahkan tidak sedikit yang mengalami sendiri pengalaman unik ini. Dan beragam cerita mitos mengenai tengah malam mendengar suara drumband di Jogja ini pung banyak berkembang.

Baca: Mitos Mendengar Suara Gamelan Tengah Malam

Kisah mengenai suara drumband di Jogja ini sering dikait-kaitkan dengan mistis. Karena jika coba dilacak dari mana sumber suaranya, seolah-olah pindah-pindah menjauh. Sekitar tahun 1990-an seorang pria dari Gedongkuning mencoba melacaknya. Awalnya dikira dari Akademi Angkatan Udara, namun ia melacaknya sampai di Kentungan, Jalan Kaliurang.

Dan berikut ini beberapa cerita mengenai suara drumband yang banyak beredar di masyarakat Jogja:

1. Suara Genderang Pasukan Nyi Roro Kidul

Banyak yang mempercayai kalau suara drumband ini berasal dari Pasukan Nyi Roro Kidul, penguasa Laut Selatan Jawa. Pasukan pengawal ini dipercayai membunyikan genderang ketika mengawal Nyi Roro Kidul yang berpergian menuju Gunung Merapi dari Laut Kidul dan sebaliknya.

2. Suara Genderang Pasukan ‘Khusus’ Pengawal Keraton

Ada juga yang mempercayai kalau suara drumband tersebut adalah genderang dari Pasukan ‘Khusus’ Pengawal Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Pasukan kasat mata ini patroli atau ronda mengelilingi wilayah Jogja sambil membunyikan gederang tersebut. Banyak yang percaya karena suara drumbandnya berpindah-pindah seolah bergerak.

Baca: Pernahkah Merasa Diawasi Padahal Lagi Sendirian?

3. Jatuh Cinta Dengan Jogja

Suara drumband ini tidak hanya didengar oleh warga Jogja saja, namun juga sejumlah wisatawan mau pun orang yang tengah berkunjung. Banyak yang percaya kalau mendengar suara ini, hatinya tidak akan bisa lepas dari Jogja. Ketika ia meninggalkan Jogja, pasti akan meridukan dan pengen kembali ke kota ini. Atau dengan kata lain telah jatuh cinta sama Jogja.

4. Drumband Akademi Angkatan Udara

Banyak yan meyakini kalau suara drumband tengah malam ini berasal dari para taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) yang tengah latihan. Pihak AAU sendiri membernarkan kalau para Taruna ini rutin berlatih drumband saat suasana sepi. Suara drumband dari para taruna ini terbawa angin hingga sampai di berbagai wilayah Jogja.

Namun ternyata, latihan rutin Taruna AAU ini dilakukan pada pagi hari dari pukul 05.00 hingga 06.00 WIB. Baru kalau akan tampil latihannya dimulai lebih awal sekitar pukul 04.00 atau 04.30 WIB. Artinya suara drumband taruna AAU baru terdengar di pagi buta saja. Kalau mendengarkan suara drumband di Jogja pada tengah malam siapa dong?

Baca: Larangan Bersiul Di Malam Hari, Sekedar Mitos Atau Ada Maksud Lain?

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like