5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Hendak Beli Vespa 2-tak

JogjaUpdate.com (23/12/17), Sepeda motor termasuk barang yang dicari orang bukan hanya untuk keperluan transportasi, namun juga hobi. Berbagai macam jenis sepeda motor masing-masing memiliki penggemarnya sendiri. Termasuk dengan Vespa 2-tak yang sudah tidak lagi diproduksi tapi masih banyak penggemarnya.

Tidak sedikit dari penggemar baru kebingungan apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli Vespa 2-tak. Andre Motorider seorang Motovloger dari Wonosobo yang sudah lama mengendarai Vespa 2-tak memberikan sejumlah tip untuk membeli sepeda motor buatan Italia ini. Berikut ini tipsnya:

Kaki-kaki dan body

Perhatikan kaki-kaki dan body sepeda motor Vespa dari depan ke belakang center, tidak bengkok. Begitu juga dengan roda depan ke belakang juga lurus dan center ditengah. Lalu coba naiki Vespa tersebut, rasakan apakah goyang-goyang atau miring sebelah. Bisa juga dicoba untuk lepas setang bisa stabil tidak.

Original

Vespa tua semakin original semakin bagus dan semakin mahal. Dari setang, spakbor depan, tepong kanan dan kiri. Perhatikan apakah asli dari pabrikan Piaggio bukan reproduksi atau buatan lain. Tidak apa agak keropos sedikit asal wajar karena usia, tapi original. Lebih baik sedikit keropos dari pada mulus dan kenceng tapi imitasi.

Bagian lain yang juga harus diperhatikan keoriginalitasnnya adalah Speedometer, batok lampu depan, dan mika lampu, lampu belakang. Karena bagian-bagian ini harga barang originalnya cukuplah mahal dan susah untuk dicari.

Nomor rangka dan nomor mesin

Sama seperti membeli sepeda motor bekas lainnya, harus memperhatikan nomor rangka dan nomor mesin. Cocokkan kedua nomor tersebut dengan yang ada di STNK atau BPKB. Hindari membeli Vespa yang nomornya ketokan, sambungan, dan tempelan.

Mesin

Yang paling penting dari mesin sepeda motor 2-tak adalah lubah hisap di karburator. Buka tutup karburatornya, nyalakan mesinnya lalu tarik gas. Perhatikan apakah lubang hisapnya sudah bocor belum dari seberapa banyak muncratan bensin yang keluar. Jangan pilih Vespa yang lubang hisapnya sudah bocor, karena susah diperbaiki.

Piston oblak atau ring piston oblak masih bisa diperbaiki agar kencang lagi. Tapi lubang hisap akan lebih susah, dan Vespa juga susah untuk diajak berlari kencang.

Uang

Walaupun penjual bilang Vespa masih dalam kondisi baik dan siap untuk dipakai, jangan langsung percaya. Setelah membeli, siapkan dana sekitar 1 hingga 1,5 juta untuk membawa Vespa ke bengkel agar dicek ulang dengan membongkar mesin. Sebagai barang tua, kemungkinan besar membutuhkan perbaikan di dalam mesinnya.

Untuk lebih jelas lagi, berikut ini videonya:

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like