Zebra Cross Di Pekalongan Dihiasi Mural Motif Batik

JogjaUpdate.com (5/12/17), Pekalongan selama ini dikenal sebagai Kota Batik dan Kota Kreatif Dunia. Tidak heran dengan julukan tersebut, kota Pekalongan dapat memanfaatkan kreatifitasnya dalam mengaplikasikan motif batik. Seperti Zebra Cross di Pekalongan yang dihiasi mural motif batik.

Pembuatan mural motif batik ini dalam rangka mendorong kesadaran masyarakat agar menyeberang di zebra cross. Upaya ini dilakukan oleh Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pekalongan Kota. Mural motif batik zebra cross ini, nantinya bakal menghiasi jalanan Kota Pekalongan.

Seperti yang diberitakan Liputan6.com (5/12/17), Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Ferry Sandi Sitepu mengungkapkan mural motif batik yang dinamakan Wisata Zebra Cross ini dilakukan Satlantas Polres Pekalongan Kota, untuk menggugah kesadaran bagi penyeberang jalan pentingnya menyeberang di zebra cross.

Baca: mengenai motif batik

Selain itu, tujuan dari zebra cross bermotif batik ini untuk mendorong pengendara kendaraan bermotor agar memberikan prioritas utama bagi penyeberang jalan dengan berhenti di belakang marka zebra cross.

“Tempat penyebrangan jalan bagi pejalan kaki ini akan dilukis dengan warna yang mencolok, dengan motif batik khas yang ada di Kota Pekalongan agar pengendara kendaraan bermotor terefleksi pengelihatannya bahwa di situ ada zebra cross,” jelas AKBP Ferry Sandi Sitepu.

Rencananya, mural motif bati di zebra cross ini bakal diresmikan oleh Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono, pada pertengahan Desember 2017. Kasatlantas Polres Pekalongan Kota AKP Rachmawati mengungkapkan, wisata zebra cross ini sebagai bentuk inovasi Satlantas Polres Pekalongan Kota untuk mengurangi angka kecelakaan yang melibatkan penyebsrang jalan.

“Dengan lukisan motif batik yang menojolkan warna cerah tersebut, agar pengguna kendaraan bisa terefleksi penglihatannya, sehingga mengurangi kecepatan saat melintasi zebra cross, Ini kalau malam kena sorot lampu kendaraan juga bisa terlihat. Sebab cat yang digunakan sesuai standar yang ada” ungkapnya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like