Alami Ban Mobil Pecah di Jalan? Ini yang Harus Dilakukan

JogjaUpdate.com (23/09/18), Buat pengendara mobil, pasti pernah mengalami masalah di perjalanan. Salah satunya adalah ban mobil pecah, padahal belum sampai tujuan.

Bukan cuma menghambat perjalanan kamu, ban mobil pecah juga bisa memicu kecelakaan di jalan raya. Tidak jarang ditemukan kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh masalah ini.

Baca Juga: Jangan Langsung Selfie Dan Update Status, Ini Yang Harus Dilakukan Jika Kecelakaan Di Jalan

Untuk menghadapi situasi yang berbahaya seperti ini sangat diperlukan ketenangan untuk bisa menghadapinya dan meminimalisir risiko yang ada di depan mata supaya pengemudi dan penumpang tetap dalam keadaan yang aman.

Ban mobil pecah tentu akan membuat pengemudi terkejut sampai panik dan akan membuat mobil berada dalam kondisi yang kurang menguntungkan atau bahkan sampai mendekati zona yang berbahaya.

Apa yang harus dilakukan pengemudi saat ban mobil pecah? berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan menurut yang dilansir dari situs resmi Suzuki Indonesia.

  1. Satu hal yang paling penting adalah jangan panik. Saat ban meletus biasanya pengemudi akan kaget dan mobil akan oleng. Di saat inilah pengemudi harus bisa menguasai kendaraan dan tidak panik.
  2. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menghindari penggunaan rem dan jauhkan kaki dari pedal rem.
  3. Untuk mengurangi laju kendaraan, lepas pedal gas secara perlahan. Jangan lakukan dengan mendadak karena ban mobil akan tidak sempurna menempel aspal.
  4. Tetap genggam setir atau kemudi dengan erat dan pertahankan arah mobil supaya tetap lurus. langsung nyalakan lampu sein kiri untuk memberitahu mobil akan bergerak menuju tepi jalan.
  5. Setelah berada di tepi jalan, langsung nyalakan lampu hazard dan segera mulai melakukan pengereman sampai mobil benar-benar berhenti.
  6. Setelah berhenti, tetap nyalakan lampu hazard supaya pengendara lain tahu mobil Anda sedang bermasalah.

Baca Juga: Jangan Sembarangan Menyalakan Lampu Hazard, Gunakan Saat Darurat

Lampu Hazard
Lampu Hazard

Mencegah Ban Mobil Pecah

Untuk melakukan pencegahan, ada beberapa hal bisa dilakukan. Seperti:

  • Jangan menginjak rem secara mendadak. Pengereman yang mendadak akan memindah bobot mobil ke depan dan setir akan semakin menarik ke arah ban pecah yang bisa menyebabkan mobil terbalik.
  • Rutin melakukan pengecekan tekanan udara ban, terutama sebelum menempuh perjalanan jauh.

Baca Juga: Parkir Di Turunan Atau Tanjakan? Begini Posisi Ban Yang Benar

Itulah tadi beberapa hal yang bisa dilakukan dan cara pencegahan terjadinya ban mobil pecah. Semoga berguna, dan selalu utamakan keselamatan.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like