4 Tips Menghindari Copet Saat Traveling

JogjaUpdate.com (16/10/2019). Tidak dipungkiri, turis atau wisatawan jadi sasaran pencopet. Alangkah baiknya menghindari copet saat treveling, atau runyam segalanya.

Salah satu bencana saat traveling adalah kecopetan barang berharga atau uang. Semua rencana kamu untuk traveling bisa kacau kalau terkena tindak aksi pencopetan.

Untuk itulah kamu harus waspada dan berhati-hati menjaga barang berharga dan uang selama traveling.

Baca Juga : Ini 5 Barang Yang Bikin Repot Saat Traveling

Berikut ini adalah 4 tips menghindari copet saat traveling.

1. Waspada

Selalu tingkatkan kewaspadaan ketika berada di tengah keramaian maupun angkutan umum. Berhati-hatilah ketika tiba-tiba segerombol orang mengerumuni, atau tiba-tiba banyak orang naik angkutan umum.

Liburan memang saat untuk bersantai tetapi jangan lupa untuk selalu waspada.

2. Jangan tampil seperti turis

Hindarilah berpenampilan seperti seorang turis yang tengah liburan, karena menarik perhatian pencopet. Juga jangan tampil mencolok dengan barang-barang mewah yang mahal.

Juga jangan terlihat kebingungan, karena mudah perhatian kamu teralihkan. Tampilkan bahasa tubuh yang percaya diri, jangan seperti turis yang sedang kebingungan.

3. Sabuk khusus uang

Ada beberapa sabuk yang dirancang untuk menyimpan uang dan beberapa barang berharga. Dengan alat ini dapat mengurangi ruang gerak pencopet.

Namun kamu tetap hati-hati jika menggunakannya, karena pencopet bakal tahu kalau di dalamnya tersimpan barang berharga. Bijak-bijaklah menempatkan uang di tempat yang aman dan bukan di satu tempat saja.

4. Percaya Insting

Jika merasa ada sesuatu yang janggal, jangan ragu untuk memereksi barang bawaan kamu. Atau menghindari keramaian atau orang-orang yang dicurigai jika diperlukan.

Kebanyakan pencopet saat ini justru berbusana rapi dan tampak seperti wisatawan pada umumnya. Kalau insting kamu tidak mempercayai orang tersebut, mending menjauhlah.

Baca Juga: Tips Tetap Segar Ketika Traveling Naik Pesawat

Itulah 4 tips menghindari copet saat traveling. Ingat, jangan sampai jadi korban apalagi jadi pelaku.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like