Trik Menagih Hutang Pada Teman

JogjaUpdate.com (9/5/17), Niatnya membantu teman yang meminta bantuan karena kekurangan uang. Namun kadang nyebelin juga kalau sudah tiba waktunya, namun dia kunjung mengembalikan uang kita. Terpaksa kita pung harus menagih hutang pada teman kita ini. Kadang memang menjadi pekerjaan yang tidak mengenakan, namun kita membutuhkannya sih.

Mau nagih-nagih terus, rasanya tidak enak dan senggan karena takut memutus hubungan pertemanan. Mau dibairkankan namun kita butuh uang juga. Serba tidak enak, namun tenang karena ada triks untuk menagih hutang pada teman dengan aman.

1. Ingatkan

Jangan berburuk sangka dulu, mungkin dia memang lupa untuk mengembalikan hutangnya kepada kamu. Jangan ragu untuk mengingatkannya, dia tidak akan marah hanya karena kamu mengingatkannya masalah tagihannya. Tapi kamu harus bisa membedakan mana yang pura-pura lupa, mana yang benar pelupa.

2. Jangan Putus Asa

Menagih hutang memang pekerjaan yang melelahkan, kamu harus semangat dan jangan putus asa. Mungkin teman kamu mengeluarkan sejuta alasan untuk menunda bayar hutangnya. Mintalah komitmen kapan akan menyelesaikan kewajibannya. Hal ini penting agar, kamu merasa tidak dikerjai.

3. Cari Waktu Yang Tepat

Ketika gajian atau habis mendapatkan kiriman uang, inilah saat yang tepat untuk mengerjain dia. Saat dia tengah memegang uang langsung tagih hutang. Atau ketika dia tengah meminta hutangan pada orang, langsung ingatkan dia kalau masih punya hutang padamu. Mungkin terkesan jahat, namun langkah ini efektif untuk menghadapi teman yang menyebalkan soal hutang.

4. Berani Menolak

Ketika temanmu masih punya hutang lalu meminta hutangan lagi, benarikan diri untuk menolaknya. Atau bernailah menolak memberikan hutang pada teman yang sudah kamu ketahui bermasalah, seperti susah untuk ditagih. Daripada sakit hati di kemudian hari karena uang tidak kembali, lebih baik hindari sejak awal.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like