Tips Menata Rumah Mungil Tampil Menarik Seperti Di Iklan-iklan Properti

JogjaUpdate.com (10/12/17), Jika melihat iklan-iklan properti baru, kita pasti disuguhi rumah yang terlihat keren dan menarik. Lalu melihat rumah mungil kita sendiri kok susah untuk dibandingkan. Padahal bisa lho, rumah mungil yang sederhana ditata sedemikian menariknya seperti yang ada di iklan-iklan properti.

berikut ini beberapa tips menata rumah mungil minimalis untuk tampil lebih menarik:

1. Pemilihan warna cat

Hindari warna gelap, karena cat gelap untuk dinding akan menciptakan kesan sempit. Pilih warna-warna terang untuk dinding ruangan, seperti putih, krem, kuning muda, atau biru langit. Selain memberikan kesan luas, warna-warna ini juga memantulkan cahaya sehingga ruangan terkesan terang.

Jika memaksakan menggunakan warna gelap, terapkan pada salah satu dinding saja. Sisanya gunakan warna kontras agar menciptakan kesan menarik.

Baca: Warna Kamar Pengaruhi Kualitas Tidur

2. Furnitur minimalis

Dengan pilihan furnitur minimalis, akan memberikan kesan yang lapang dan menghindari terlihat terlalu penuh juga sesak. Minimalis bukan berarti betul-betul minimalis, mulai dari meja, kursi, lampu gantung, hingga ornamen penghias dinding.

3. Barang multifungsi

Kunci membuat rumah mungil minimalis terlihat menarik dan nyaman adalah memaksimalkan ruang. Karena itulah pilih barang-barang yang miutifungsi, dan mendukung banyak aktivitas di dalam rumah. Misalnya meja makan yang bisa dilipat dan bisa juga digunakan untuk kegiatan lain.

4. Memaksimalkan ruang

Pemanfaatan ruang adalah hal penting dalam menata rumah, usahakan untuk memaksimalkannya. Misalnya di bawah tangga bisa dijadikan ruang penyimpanan. Bisa juga dibuat menjadi rak atau lemari untuk menyimpan sepatu, handuk, peralatan dapur, maupun perkakas.

Baca: Jebul Rumah Kecil Minimalis Bisa Buat Hidup Lebih Hemat

5. Pemilihan partisi yang tepat

Banyak yang mengira untuk menciptakan kesan luas di rumah mungil dengan membiarkannya terbuka tanpa pembatas. Namun cara ini beresiko membuat ruangan tidak tertata dengan rapi. Cara mengatasinya adalah pemilihan partisi yang tepat, untuk menciptakan pemisah antar ruang.

Partisi ruang tidak selamanya berbentuk dinding permanen, atau sekat pembatas penuh. Pemisahan antar ruang bisa diciptakan dengan penggunaan warna karpet yang berbeda, menyesuaikan ruangan. Bisa juga dengan memanfaatkan pot tanaman, atau rak buku dan rak hiasan.

Baca: Tips Membuat Ruang Keluarga Jadi Lebih Nyaman

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like