Cara Merawat Kacamata Agar Awet

JogjaUpdate.com (3/1/17), Kacamata bukan sekedar alat bantu pengelihatan atau sekedar aksesoris saja. Bagi sebagian orang, kacamata ini telah menjadi bagian penting dalam keseharian. Untuk itu kacamata harus dirawat dengan baik dan benar agar awet. Lalu bagai mana cara merawat kacamata dengan baik dan benar?

Yang terpenting dalam menjaga keawetan kacamata adalah dengan menjaga kebersihannya. Kamu harus rutin membersihkan kacamata ketika sudah mulai kotor. Hindari terjadi penumpukan kotoran seperti debu, minyak, dan keringat. Karena kotoran ini dapat merusah lensa maupun frame kacamata.

Unuk membersihkan lensa kacamata, jaganlah sembarangan menggunakan lap. Gunakanlah kain microfiber atau tisu pembersih khusus yang biasa dijual di optik atau toko kacamata. Hindari pengelapan menggunakan baju, kain kasar dan tangan. Karera akan riskan menggores lapisan lensa dan tidak optimal dalam mengangkat kotoran.

Hal penting lain adalah cara kamu memperlakukan kacamata itu sendiri. Mulai dari cara mengenakan dan melepas kacamata, dianjurkan menggunakan kedua tangan. Karena jika menggunakan satu tangan, dimungkinkan bisa merubah bentuk tankai Kacamaata. Sehingga diperlukan penyetelan ulang agar pas dan kembali nyaman digunakan.

Jangan pula coba-coba melakukan penyetingan sendiri, kalau kamu tidak tahu cara yang benar. Hal ini beresiko akan merusak kacamata tersebut atau bisa membuatnya tambah tidak nyaman. Serahkan pada ahlinya di optik tempat kamu membeli kacamata, agar dilakukan service dengan baik.

Jika kacamata tidak dikenakan, sebaiknya kamu simpan rapi pada kotaknya dan jangan meletakan sembarangan. Jangan menggantungnya pada kerah baju atau mengenakannya sebagai bando. Karena hal semacam ini juga bisa merubah bentuk dari kacamata tersebut. Alangkah baiknya bawa kotak kacamata saat berpergian.

Juga gunakanlah kacamata sesuai dengan fungsinya. Misal, jangan gunakan kacamata baca ketika berolahraga. Sediakan beberapa cadangan frame dan sunglasses yang didesain sesuai dengan aktivitas kamu. Ada beberapa tipe frame dan sunglasses yang memang bisa disesuaikan untuk beberapa macam aktivitas.

Dan yang terakhir, hindari kacamata dari kontaminasi bahan-bahan kimia seperti parfum dan hairspray. Karena bahan-bahan ini bisa memicu reaksi pada frame, seperti pengelupasan lapisannya. Bagi pria yang menggunakan minyak rambut, gel, wax atau pomade, jangan lupa bersikan bagian kacamata yang menyentuh lapisan rambut.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like